Pelayanan Puskesmas Batu Putih Buruk? Ini Tanggapan Kepala Puskesmas

 

BATU PUTIH – Terkait postingan akun facebook yang bernama Hendi Hardimiharja, yang menyebutkan pelayanan Puskesmas Kampung Batu Putih Kecamatan Batu Putih kurang baik, dan menelantarkan pasien, ditanggapi oleh Kepala Puskesmas Kampung Batu Putih, Wiwik Muninggar. Kepada beraunews.com disampaikannya, pihaknya telah mengetahui perihal postingan yang tersebar di media sosial itu.

Dirinya menyayangkan postingan yang dilakukan oleh salah seorang keluarga pasien tersebut kepada pihak puskesmas lantaran telah membuat opini liar di tengah masyarakat. Ia menilai, postingan tersebut hanya kesalahfahaman, antara keluarga pasien dengan petugas puskesmas.

“Terkait yang di FB itu kami sudah mengetahuinya, dan itu saya kira hanyalah miss komunikasi saja antara keluarga pasien dengan petugas puskesmas,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, sebenarnya, yang menulis postingan adalah anak salah seorang pasien yang memiliki penyakit diabetes, dan pasien tersebut, lanjut wanita yang akrab disapa Wiwik itu, ketika dilakukan perawatan oleh petugas puskesmas, di saat yang bersamaan juga, tiba salah satu pasien yang mengalami korban kecelakaan.

Karena lanjut dia, kondisi pasien yang mengalami kecelakaan dinilai lebih mengkhawatirkan, maka  petugas atau dokter yang saat itu tengah merawat pasien diabetes tersebut harus mengutamakan korban kecelakaan. Sebab, saat itu kondisi pasien diabetes tersebut tidak dalam keadaan gawat darurat.

“Karena pasien ini kan sudah dianalisa oleh dokter, mana yang emergency dan mana yang masih bisa menunggu. Karena, waktu itu sudah mulai sore, ada  juga dokter yang jaga. Memang agak lama penanganannya, karena harus menjahit luka dulu. Kami yakin, telah melakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur. Hanya saja, pasien atau keluarga pasien ini yang tidak sabar,” ujarnya.

Padahal lanjut dia, pasien tersebut sudah sering kali berobat ke Puskesmas Batu Putih untuk melakukan pemeriksaan rutin terkait penyakit gula darahnya. Sementara, terkait komplain yang dilayangkan keluarga pasien kepada Puskesmas Batu Putih tersebut diakuinya baru kali pertama terjadi.

Kembali ditekankannya, tudingan yang dilayangkan keluarga pasien melalui akun media sosial facebook tersebut hanyalah kesalahafahaman antara keluarga pasien dengan petugas puskesmas. Pada dasarnya, pihaknya telah melakukan upaya memberikan pelayanan sebaik dan semaksimal mungkin kepada pasien sesuai dengan prosedur yang ada.

“Kita juga sebenarnya khawatir, tapi itu kan sudah jadi keputusan dokternya untuk menangani yang gawat darurat dulu. Sedangkan perawat kita juga sudah menyampaikan untuk bersabar. Tapi, kami berterimakasih terkait kritikannya, karena ini untuk untuk intropeksi terhadap peningkatan pelayanan kami kepada pasien,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia