Kampung Diharapkan Bisa Membentuk BUMK

 

TALISAYAN – Untuk memaksimalkan potensi yang ada di kampung, baik itu sektor pertanian, perkebunan, perikanan, maupun sektor pariwisata, Pemerintah Kecamatan Talisayan menekankan agar pemerintah kampung yang ada di wilayah Kecamatan Talisayan dapat segera membentuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). Bahkan, hal tersebut selalu disampaikan dalam  setiap pertemuan bersama aparatur pemerintah kampung.

Camat Talisayan. David Pamudji menyampaikan, tujuan didirikannya BUMK tersebut bertujuan untuk menggali berbagai potensi yang dimiliki kampung agar dapat dimanfaatkan guna menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat setempat. Terlebih kata dia, dengan adanya Alokasi Dana Kampung (ADK) yang jumlahnya cukup besar, dapat dimanfaatkan oleh pemerintah kampung guna mendirikan BUMK.

“Karena masih banyak kampung di wilayah Talisayan belum mendirikan BUMK. Untuk itu, sesuai dengan program pak Bupati, kita terus menggenjot pemerintah kampung yang  belum mendirikan BUMK, untuk segera membuat,” ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (25/03/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya BUMK diharapkan kampung tersebut dapat lebih mandiri dalam mengelola potensi yang ada di wilayah tersebut. Sebab kata dia, belum tentu anggaran ADK dapat mendanai kampung dalam beberapa tahun ke depan.

“Tujuan ADK ini agar kampung bisa mandiri, dalam mengelola potensi yang ada di kampungnya masing-masing. Dengan adanya BUMK, kita ingin kampung sudah bisa mandiri, karena sudah memiliki usaha sendiri dikembangkan,” bebernya.

Apalagi untuk wilayah Kecamatan Talisayan, memiliki banyak potensi yang layak untuk dikelola menjadi BUMK. Misalnya sektor pertanian naik padi, kedelai, dan jagung, sektor perkebunan, seperti kelapa sawit dan lada. Disamping itu, sektor pariwisata yang juga cukup banyak tersebar di beberapa kampung di wilayah Talisayan, seperti hiu paus dan gua Rimaung di Kampung Talisayan, serta air terjun Manggulek di Kampung Tunggal Bumi.

“Terserah pemerintah kampung mau mengunggulkan yang mana. Yang penting ada potensi yang dapat dimanfaatkan di kampung itu,” bebernya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia