Selain Alpukat, Rumput Laut Jadi Potensi Unggulan Lain

BATU PUTIH – Tidak hanya sektor perkebunan yang menjadi andalan warga di Kampung Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih. Potensi lainnya yang tidak kalah adalah sektor kelautannya.

Disampaikan Kepala Kampung Sumber Agung, Edi Santoso, selain perkebunan buah alpukat yang memang sudah lama dikembangkan masyarakat, salah satu produk unggulan yang kini tengah dalam tahap pengembangan di kampungnya adalah potensi rumput laut. Bahkan, saat ini disamapaikannya, sudah cukup banyak bibit rumput laut yang telah dibudidayakan.

“Kalau rumput laut di sini memang potensial, dan telah dikembangkan,” ujarnya saat dihubungi beraunews.com, Jumat (24/03/2017).

Lebih lanjut dikatakannya, rumput laut dinilai sangat cocok dikembangkan di wilayahnya, bahkan Dinas Perikanan Kabupaten Berau juga telah memberikan bantuan bibit rumput laut untuk dibudidayakan di kampungnya, lengkap dengan tempat budidayanya. Setidaknya, ada sekitar kurang lebih 10 ton bibit yang merupakan bantuan dari Dinas Perikanan untuk dibudidayakan di sekitar pantai Kampung Sumber Agung.

“Dan saat ini masih dalam pengembangbiakan. Karena bibit 10 ton tersebut apabila dipanen dan dikeringkan, beratnya akan menyusut, sampai 1 ton saja,” ujarnya.

BACA JUGA : Alpukat Jadi Sektor Unggulan Sumber Agung

Menurutnya, dari sekian kampung yang ada di wilayah pesisir selatan Berau, ia memperkirakan baru kampungnya yang mengembangkan budidaya rumput laut dalam jumlah cukup besar. Tidak hanya itu, jika nantinya pengembangan rumput laut tersebut sukses, bukan tidak mungkin kampungnya akan menjadi kampung percontohan dalam pengembangan rumput laut di pesisir selatan Berau.

Sementara untuk akses menuju lokasi sendiri, dikatakannya, dari pemukiman kampung berjarak sekitar 3 kilometer dengan menempuh perjalanan melalui perkebunan sawit milik salah satu perusahaan yang ada di Kecamatan Talisayan. namun, untuk mempersingkat jarak tempuh, pihaknya akan membuka jalan untuk menuju lokasi pembibitan rumput laut.

Disamping itu, pihaknya juga mendukung pengembangan rumput laut tersebut dengan memprogramkan pengembangan rumput laut tersebut melalui anggaran ADK.

“Dan ini akan terus kita kembangkan, dan saya kira potensi rumput laut ini sangat bagus, mengingat masih belum ada kampung yang ada di wilayah pesisir selatan Berau ini yang mengembangkan rumput laut,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia