Peningkatan Jalan dan Gorong-gorong, Usulan Prioritas Kampung Eka Sapta

TALISAYAN – Guna meningkatkan fasilitas dasar seperti peningkatan jalan serta memberikan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas, Pemerintah Kampung Eka Sapta, mengupayakan agar jalan yang ada di dalam kampung dapat dilakukan pengerasan atau pengaspalan. Bahkan hal tersebut juga menjadi salah satu prioritas utama dalam usulan Musrenbang di Kecamatan Talisayan belum lama ini.

Disampaikan Kepala Kampung Eka Sapta, Imam Supriadi, sebenarnya peningkatan jalan yang ada di dalam kampung sudah dilakukan oleh Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Hanya saja, masih belum merata dan perlu ada peningkatan jalan lagi. Menurutnya, dengan masih banyaknya akses jalan di kampungnya yang masih mengalami kerusakan dan perlu peningkatan.

“Kalau fisik, memang akses jalan kampung perlu ditingkatkan. Karena, kalau hujan banyak terjadi genangan, dan mengakibatkan jalan rusak yang mengganggu aktivitas warga kampung Eka Sapta,” ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (24/03/2017).

Ia mengatakan, tidak hanya akses jalan kampung yang menurutnya perlu ditingkatkan, gorong-gorong di sisi kiri kanan juga perlu mendapat perhatian. Pasalnya, dengan adanya gorong-gorong, dapat membantu mengalirkan genangan sewaktu-waktu curah hujan tinggi.

Lebih lanjut dikatakannya, ada sekitar 8 kilometer  jalan dan gorong-gorong yang terbagi di beberapa titik di kampungnya yang perlu ditingkatkan. Bahkan, terkait usulan peningkatan jalan dan gorong-gorong tersebut, juga pernah disampaikannya dalam Musrenbang kecamatan beberapa tahun sebelumnya.

“Kita berharap usulan yang kita layangkan itu dapat ditindaklanjuti, meskipun tidak sepenuhnya dan dilakukan secara bertahap. Karena, dengan kondisi jalan yang baik, aktivitas masyarakat juga dapat berjalan lancar,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia