UPTD PUTR Pesisir Selatan Berau Akui Masih Kekurangan Alat Berat

TALISAYAN – Guna memaksimalkan pelayanan pembangunan di lima kecamatan di wilayah pesisir selatan Berau, UPTD PU Pesisir Selatan Berau dinilai masih memerlukan tambahan alat berat, guna mengcover permintaan puluhan pemerintah kampung yang ada di lima kecamatan.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala UPTD PUTR, Charles Andi Lolo. Ia menyampaikan, saat ini alat yang sudah ditempatkan di UPTD memang masih belum cukup untuk melayani permintaan kampung di lima kecamatan. Menurutnya, setidaknya perlu ada tambahan 2 unit lagi guna melayani pembangunan di 5 kecamatan tersebut, belum lagi jarak antar kecamatan juga cukup berjauhan.

"Kalau dibilang kurang, memang kurang. Karena satu alat untuk menghandel sekitar 37 kampung di pesisir memang belum maksimal. Paling tidak di Kecamatan Tabalar dan Biduk-Biduk ada satu alat berat ditempatkan juga, sesuai dengan jarak kecamatan," ungkapnya.

Selain masih keterbatasan alat berat, salah satu faktor penting lainnya adalah kerusakan unit. Hal ini jelas akan sangat berdampak dalam memberikan pelayanan pembangunan baik pemeliharaan jalan kampung, pembukaan jalan usaha tani, dan pembangunan lain. Belum lagi lanjut dia, jika cuaca tidak mendukung, seperti misalnya intensitas hujan tinggi, kegiatan fisik yang menggunakan galian C tidak bisa berjalan lancar. Terlebih, pembangunan yang dilakukan pemerintah kampung berasal dari anggaran ADK atau bersumber APBN, memiliki batas waktu yang telah ditentukan.

"Kita khawatir pembangunannya tidak selesai sesuai dengan perkiraan. Sementara alat berat yang dipergunakan harus bergantian," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap melaksanakan kegiatan berdasarkan alat yang ada. Hal ini juga demi mensukseskan program Bupati Berau dalam memberikan pelayanan dan menghemat anggaran ADK kampung, yang diperuntukkan untuk pembangunan jalan usaha tani, pemeliharaan badan jalan. Sehingga kegiatan yang biasanya dilaksanakam dengan menggunakan pihak ke tiga, kini bisa dilakukan dengan cara swadaya.

"Tetapi dengan keterbatasan alat kita akan berupaya, agar kebutuhan di lima kecamatan dapat terakomodir," ungkapnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia