Programkan Jalan Usaha Tani untuk Tingkatkan Produksi Pertanian

 

TALISAYAN – Guna meningkatkan sektor pertanian, Pemerintah Kampung Sumber Mulya, Kecamatan Talisayan terus membuat program guna mempermudah aktivitas warganya dalam bertani. Seperti program pembangunan jalan usaha tani, yang rencananya akan dibangun di wilayah RT 04 di kampung itu. Menurut Kepala Kampung Sumber Mulya, Samidjo saat ditemui di kediamannya pada Kamis, (09/03/2017), pembangunan jalan usaha tani tersebut rencananya sepanjang 1 kilometer.

“Itu nanti dibagi menjadi dua titik, tapi sama-sama berada di RT 04 yang dianggarkan dari APBN tahun ini,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Menurutnya, pembangunan jalan usaha tani tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani. Sebab, jalan yang biasanya digunakan masyarakat cenderung menyulitkan, karena belum memiliki akses yang memadai. Seperti diketahui, ada sejumlah sektor komoditas pertanian yang menjadi unggulan di kampungnya, seperti padi, jagung dan kedelai.

Jalan usaha tani sendiri diakuinya, sudah menjadi program rutin pihaknya sejak beberapa tahun lalu. Hal itu dilakukannya, untuk memberikan fasilitas mobilisasi kepada masyarakat agar mudah dilalui. Karena disampaikannya, jika fasilitas pertanian minim, maka jelas akan berdampak pada hasil panen nantinya. Untuk itu, dengan memanfaatkan program APBN maupun alokasi dana kampung (ADK), dirinya ingin pertanian di kampungnya menjadi lebih berkembang.

“Untuk itu, petani harus diberi kemudahan, agar aktivitas mereka selama bertani menjadi lancar,” bebernya.

Disamping membangun jalan usaha tani, pihaknya juga akan membangun jembatan jalan usaha tani di wilayah RT 03 yang juga dananya bersumber dari APBN sebanyak dua titik. Hanya saja, masih harus melihat besar anggaran yang tersedia nantinya.

“Akan kita sesuaikan, kalau mencukupi akan kita bangun dua titik,” terangnya.

 

Dirinya yakin, dengan fasilitas yang memadai, petani tidak hanya bersemangat dalam bertani, melainkan juga dapat memacu peningkatan produksi pertanian di kampungnya. Sehingga secara tidak langsung, Kampung Sumber Mulya dapat berpartisipasi mewujudkan swasembada pangan. Tentu saja dalam mewujudkannya juga tidak lepas dari dukungan pemerintah kabupaten.

Dirinya berharap, dengan diprogramkannya sejumlah fasilitas pertanian itu, petani di kampungnya dapat lebih bersemangat dalam bertani. Apalagi, kampungnya memiliki potensi pertanian yang cukup baik.

“Pertanian tetap menjadi salah satu prioritas kami. Kita ingin dengan pertanian, masyarakat lebih sejahtera. Untuk itu, sebagai pemerintah kampung, kita selalu mendukung penuh petani di sini, terutama menyediakan fasilitas dasar,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia