5 Anggota BPK Tembudan Dilantik

 

BATU PUTIH – Pemerintah Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih menggelar pelantikan 5 Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) di ruang pertemuan Kantor Kepala Kampung Tembudan, dan dirangkai pelantikan 1 anggota BPK pergantian antar waktu (PAW) Kampung Lobang Kelatak. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Camat Batu Putih, Mansyur.

Kegiatan yang diselenggarakan Rabu (01/03/2017) pukul 09.00 Wita itu, selain dihadiri kepala Kampung Tembudan, Nur Iman, dan Camat Batu Putih. Acara itu juga dihadiri, sejumlah unsur Muspika kecamatan, baik dari aparat TNI, kepolisian tokoh lintas agama, dan tokoh pemuda yang berada di disekitar wilayah Batu Putih. Disamping itu, hadir juga sejumlah kepala kampung, seperti Kepala Kampung Lobang Kelatak Heri Susilo, Kepala Kampung Ampen Medang Kadriansyah, serta puluhan masyarakat kampung tembudan, dan masyarakat Lobang Kelatak.

Dalam acara itu, sebelum dikantik, ke 6 anggota BPK tersebut terlebih dulu dilakukan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh camat, selanjutnya melakukan penandatanganan berkas berita acara pelantikan. Dalam kesempatan itu, Mansyur dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya sejumlah anggota BPK tersebut diharapkannya dapat berkontribusi dalam pembangunan kampung, serta mengutamakan kepentingan masyarakat .

 

Ia mengatakan, anggota BPK juga memiliki fungsi seperti DPR untuk menyerap serta menyaring aspirasi masyarakat yang ada di kampungnya. Tak hanya itu, BPK juga dituntut dapat menjalankan sesuai dengan tupoksinya yakni melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran.

“BPK berhak mengawasi, mengontrol, melihat dan mengingatkan pemerintah kampung. Serta BPK juga berhak merumuskan peraturan kampung bersama kepala kampung,” ujarnya.

Namun yang terpenting kata dia, meskipun BPK merupakan salah satu lembaga kampung yang sifatnya berdiri sendiri, diharapkannya, BPK dapat bersinergi dengan kepala kampung, guna mencapai tujuan yang sama. Apalagi kata dia, Kampung Tembudan memiliki potensi yang cukup potensial jika dikelola secara profesional.

“Sebab BPK merupakan partner dari kepala kampung dalam melakukan pembangunan di wilayahnya. Harapannya, BPK dan Kepala Kampung dapat bekerjasama dengan baik dalam menyejahterakan masyarakat,” bebernya.

 

Sementara itu, Kepala Kampung Tembudan, Nur Iman usai pelantikan BPK, juga mengucapkan selamat kepada 5 anggota BPK yang telah dilantik tersebut. Ia berharap, dengan dilantiknya BPK tersebut, dapat memberikan kontribusi serta kerjasama dalam memajukan Kampung Tembudan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“BPK sebagai partner kepala kampung ikut menyumbang pikirannya untuk menjadikan Kampung Tembudan menjadi lebih baik,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia