Resmikan Lima Fasilitas Publik, Bupati Apresiasi Kinerja Kakam Gurimbang

 

SAMBALIUNG – Lima fasilitas publik di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, akhirnya diresmikan oleh Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati, Agus Tantomo, Kamis (23/02/2017). Fasilitas publik tersebut adalah pendopo kampung, masjid, Taman Kanak-Kanak (TK), sumur bor, dan kantor Badan Usaha Milik Kampung (BUMK).

Dalam acara peresmian tersebut, beberapa pejabat tinggi daerah seperti Ketua DPRD Berau, Ketua Komisi II DPRD, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Imigrasi, dan beberapa Kepala Kampung, turut mendampingi Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani, untuk meninjau fasilitas publik tersebut di beberapa titik.

Sebagai simbolis, peresmian kelima fasilitas publik tersebut, Bupati dan Wabup juga menandatangani beberapa plakat dan disusul dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan langsung oleh Istri Bupati, Sri Juniarsih.

Prosesi peresmian berjalan lancar meski ditengah hujan yang mengguyur kampung tersebut. Usai meresmikan dan meninjau kelima fasilitas publik tersebut, kegiatan dilanjutkan di balai desa.

Dalam sambutannya, Madri Pani, menyampaikan beberapa sambutan terkait peresmian fasilitas publik. Dikatakannya, meski saat ini ia telah berada di penghujung jabatannya sebagai Kepala Kampung, namun selama belum resmi berakhir, seluruh fasilitas publik di kampung tersebut masih merupakan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin.

“Besok Jumat (24/02/2017), tepat masa jabatan saya sebagai Kepala Kampung berakhir. Maka hari ini, bertepatan dengan momentum peresmian fasilitas publik ini saya juga menitipkan agar kita semua mampu menjaga apa yang telah kita miliki saat ini. Jangan sampai apa yang telah kita miliki kemudian tidak dirawat, tidak dijaga dengan baik. Apalagi ini semua adalah fasilitas yang memang benar-benar kita butuhkan,” jelasnya.

 

Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak swasta yang telah memberikan kontribusinya dalam membangun beberapa fasilitas publik tersebut. Diantaranya PT Berau Coal dan BNI 46 Cabang Tanjung Redeb.

“Kami juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu kami dalam merealisasikan fasilitas publik ini hingga hari ini bisa diresmikan dan digunakan masyarakat sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muharram juga menyampaikan sambutannya. Orang nomor satu di Berau ini, mengapresiasi segala keberhasilan yang telah dicapai oleh Kampung Gurimbang.

Melihat kemajuan pesat di kampung tersebut, ia meyakini aparat serta kepala kampung bekerja dengan sungguh-sungguh, dan serius dalam membangun kampung mereka. Bahkan, ia juga mengatakan Kampung Gurimbang dapat menjadi salah satu kampung percontohan yang patut dan layak ditiru oleh kepala kampung lainnya dalam mengembangkan kampung mereka.

“Saya harus katakan, mereka ini serius membangun kampung ini. Maka untuk kepala kampung yang hadir saat ini maupun yang lainnya, model kampung yang begini bisa diambil jadi contoh sesuai dengan model kampung kita masing-masing,” ucapnya.

 

Hal itu ia katakan seiring dengan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang nilainya cukup besar dan dapat digunakan untuk pembangunan kampung menjadi lebih baik lagi.

“Kenapa saya katakan demikian? ADK kita ini adalah yang terbesar di Indonesia, begitu juga dengan gaji untuk kepala kampungnya. Apabila sudah memadai seperti itu, dan masih juga pembangunannya tidak pesat atau tidak bagus, itu sungguh terlalu,” katanya.

Di akhir sambutannya, ia juga memberikan kesan dan pesan kepada Madri Pani, dan berharap apa yang telah dilakukan orang nomor satu di Kampung Gurimbang tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan oleh penerus selanjutnya.

“Rasanya, tidak ada kata yang pas untuk Kepala Kampung Gurimbang ini selain harapan saya agar panjang umur dan selalu sukses ke depannya. Dan harus kita akui, dengan segala pembaruan dan perubahan yang dilakukannya patut untuk dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi oleh penggantinya nanti. Kalaupun mau maju lagi di pemilihan selanjutnya, itu semua diserahkan ke masyarakat yang merasakan bagaimana kepemimpinannya selama ini,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia