Kembangkan Peternakan, Gurimbang Butuh Pembinaan

 

SAMBALIUNG – Perkembangan perekonomian Kampung Gurimbang di bidang peternakan belum sebanding dengan bidang lain, seperti perkebunan dan pertanian. Lantaran, banyak warganya masih belum mengetahui cara beternak dengan baik. Misalnya, budidaya ikan, udang dan kepiting, warga masih banyak yang tak mengetahui tingkat keasaman tanah, akibatnya warga sering mengalami gagal panen.

“Kalau sektor peternakan kami akui kami masih kurang. Misalkan saja budidaya ikan, warga disini sudah jarang melakukan hal itu karena mereka sendiri belum mengetahui sistemnya, tata cara budidaya dengan baik dan benar, akibatnya mereka sering mengalami kegagalan dan lebih banyak beralih ke bidang perkebunan dan pertanian,” ungkap Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani.

Dikatakannya, budidaya ikan ini sesungguhnya mampu meningkatkan perekonomian warga secara signifikan. Oleh karena itu, pihaknya selalu berupaya mencarikan solusi agar warga dapat terus mengembangkan budidaya ikan.

“Saya ingin mengembangkan usaha warga melalui budidaya ikan, namun kami masih kekurangan pengetahuan. Oleh sebab itu, kami harapkan adanya program pembinaan dari pemerintah daerah. Selain itu, saya juga pernah mengusulkan program pembinaan ke pihak swasta, sehingga warga bisa menjalankan budidaya ikan, udang, kepiting dan sebagainya,” harapnya.

Upaya lain yang dilakukan untuk mendorong perkembangan perekonomian khususnya sektor peternakan, dikatakan Madri, menjalankan program peternakan sapi dan ayam melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK).

“Meski budidaya ikan masih sulit dikembangkan oleh warga, tapi kami coba dengan program baru dengan beternak sapi dan ayam dan itu terlihat mulai mengalami kemajuan. Meski demikian, kami tentunya perlu dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk mengembangkan program usaha kami yang ada di kampung,” tutupnya.(ea/adv)