Kampung Gurimbang Berencana Jadi Kampung Pendidikan

 

SAMBALIUNG – Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Selain itu, pendidikan juga merupakan salah satu  proses pengembangan diri tiap individu sehingga mampu menyongsong kehidupan yang lebih baik. Hal inilah yang sangat disadari Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani yang berhasil menjuarai lomba desa dan Kepala Desa teladan tingkat nasional tahun 2015.

Guna mewujudkan kualitas pendidikan yang baik bagi masyarakat Kampung Gurimbang, Madri Pani mengaku telah mengoptimalkan peran serta kampung dalam mendukung keberlangsungan pendidikan serta intensif berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Saya sebagai Kepala Kampung sangat mendukung berjalanya pendidikan. Saya sudah optimalkan kemampuan kampung dalam hal peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat. Misalnya saja kita sudah berusaha mengajukan pemenuhan fasilitas Perpustaakan SDN 01 Kampung Gurimbang ke Dinas Pedidikan, yang Alhamdulillah sekarang terealisasi,” ujarnya

Selain itu, pemerintah Kampung Gurimbang juga berhasil memperjuangkan pemenuhan fasilitas pendidikan bagi SDN 09 di wilayah transmigrasi. Upaya tersebut kini telah didukung Pemkab Berau melalui Dinas Pedidikan melalui alokasi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 mendatang.

“Alhamdulillah usulan penambahan RKB (Ruang Kelas Belajar-red) SDN 09 transmigrasi Gurimbang disetujui Dinas Pendidikan dan tahun 2017 segera direalisasikan. Kami juga tengah mengupayakan melalui Dinas Pendidikan untuk ruang praktek, penimbunan dan pemagaran SMPN 21. Ini semua kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kualitas pendidikan warga,” jelasnya.

Bukan hanya fasilitas pendidakan bagi anak-anak, Pemerintah Kampung Gurimbang juga fokus mencerdasakan seluruh lapisan masyarakat, baik itu kalangan dewasa maupun lansia sekalipun, melalui program gemar membaca. Hal itupun diwujudkan dengan pembangunan perpustakaan umum bagi warga.

“Kita sangat konsen kalau soal pendidikan, bukan cuma pendidikan anak-anak yang menjadi pemikiran kami. Tapi kami menginginkan agar masyarakat Gurimbang ini semua kalanganannya cerdas. Kami menyadari saat itu, minat baca warga kita masih cukup rendah, oleh karena itu kami berupaya meningkatkannya melalui pembangunan perpustakaan umum. Kami berharap, warga Gurimbang khususnya akan meningkatkan budaya baca mereka, sehingga walau kita ini berada dipinggiran kita tidak kalah dengan yang berada di kota, bahkan kalau bisa Gurimbang jadi kampung pendidikan,” tutupnya.(msz/adv)