Program dan Pemerintahan Kampung Gurimbang

 

SAMBALIUNG – Berdasarkan sumber yang dihimpun dari tokoh masyarakat setempat, Kampung Gurimbang, rupanya sudah mengalami pergantian pemimpin kampung sebanyak 10 kali. Pada zaman dulu, ada beberapa yang disebut sebagai pembakal kampung, namun seiring waktu ada beberapa yang sudah mengalami perubahan nama menjadi Kepala Kampung.

Adapun nama-nama pembakal kampung dan kepala kampung yang pada masanya sempat memimpin Kampung Gurimbang diantaranya Dullah, Attay, Umar, Kasim, Intang, Kuddin, Bajuri (1992-1998), Muhammad (1998-2005), Bajuri (2005-2011) dan Madri Pani (2011-2017).

Madri Pani, Kepala Kampung Gurimbang yang pernah meraih penghargaan sebagai juara lomba desa dan Kepala Desa teladan tingkat nasional tahun 2015 ini, membawa begitu banyak perubahan di kampung yang terbagi dalam 8 Rukun Tetangga (RT) itu.

Memanfaatkan masa kepemimpinannya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Berau ini, mencanangkan program-program kerja pemerintahan kampung yang tidak disangka membawa begitu banyak perubahan bagi masyarakatnya. Salah satu program yang berhasil dilaksanakan pemerintahan Kampung Gurimbang adalah program jamban sehat untuk seluruh penduduk kampung tersebut.

Untuk pembangunan dan kemajuan yang lebih terarah, dalam sistem pemerintahannya Kampung Gurimbang juga mempunyai visi menjadi kampung yang bersih, sehat, aman, tertib, makmur dan sejahtera melalui agrobisnis serta memiliki keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, produktif, bertaqwa, berbudaya, dan bermartabat.

Namun, meski telah berhasil mengharumkan nama Kampung Gurimbang, hingga ke istana negara tidak serta merta membuat Madri cepat puas. Masih banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah baginya. Bahkan, jika terpilih kembali untuk memimpin desa impian tersebut, ia mengaku akan terus melakukan pembangunan-pembangunan di Kampung Gurimbang, termasuk membangun Puskesmas Terpadu yang diharapkan akan lebih memudahkan masyarakat Kampung Gurimbang dan sekitarnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.(mta/adv)