Pemerintah Dumaring Akan Bangun 3 Titik Jalan Usaha Tani

 

TALISAYAN – Untuk meningkatkan potensi pertanian berkelanjutan, Pemerintah Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan akan memprogramkan pembangunan, atau pembuatan jalan usaha tani untuk memudahkan masyarakat petani dalam beraktivitas.

Kepala Kampung Dumaring Muhammad Salehuddin, kepada beraunews.com mengatakan, rencananya pembuatan jalan usaha tani tersebut akan dianggarkan melalui Alokasi Dana Kampung (ADK).

Setidaknya ada 3 titik jalan usaha tani yang akan diprogramkan di kampungnya. Yakni 1 titik berada di Sambar Bulu Timur atau di wilayah RT 03, sementara 2 titik lainnya akan dibangun di wilayah RT 02. Dikatakannya, pembuatan jalan usaha tani merupakan salah satu program yang harus dilakukan, mengingat produksi pertanian harus lebih ditingkatkan lagi. Sebab, kedepannya, salah satu potensi yang akan dijadikan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) adalah sektor pertanian berkelanjutan.

“Dari tiga titik itu, total keseluruhan ada sekitar 800 meter, dan ini kita nilai penting demi menggenjot semangat petani dalam mengembangkan pertaniannya,” ungkapnya, Rabu (08/02/2017).

Pembuatan jalan usaha tani dinilainya memang dibutuhkan masyarakat di kampungnya. Pasalnya, dengan kondisi jalan yang ada saat ini cukup membuat petani kesulitan. Terlebih saat musim hujan, permukaan jalan menuju areal pertanian mereka menjadi becek dan licin, yang tentu saja menyulitikan petani. Dengan adanya jalan usaha tani tersebut, kebutuhan petani dapat dipenuhi, terutama kemudahan akses jalan akan menjadi lebih baik.

“Karena yang menjadi permasalahan petani adalah akses jalan, khususnya ketika kondisi hujan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pertanian di Kampung Dumaring cukup potensial. Apalagi hampir mayoritas warganya berprofesi sebagai petani, baik itu padi, jagung maupun pekebun kelapa sawit. Terkait program pembuatan jalan usaha tani tersebut juga disampaikannya merupakan kesepakatan masyarakat Dumaring dalam pertemuan beberapa waktu lalu. Hal itu juga ditujukan untuk meningkatkan pertanian yang ada di kampung tersebut.

“Untuk meningkatkan hasil pertanian tentu perlu didukung dengan fasilitas yang memadai, salah satunya akses jalan. Kita berharap, dengan diprogramkan jalan usaha tani ini, sektor pertanian menjadi lebih berkembang lagi,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia