Jalan, Listrik dan Air Jadi Pembahasan Musrenbang Kampung Buyung-Buyung

 

TABALAR – Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung (Musrenbang) Kampung Buyung-Buyung, yang merupakan agenda rutin tahunan, digelar Rabu (01/02/2017) lalu, bertempat di balai pertemuan Kampung Buyung-Buyung.

Musyawarah ini dihadiri Kepala Kampung Buyung-Buyung Mustafa, Camat Tabalar Damhir, Kapolsek Tabalar, Sekretaris Camat, dan Kepala Badan Penyuluhan Kampung. Hasil Musrenbang ini nantinya akan diajukan ke kecamatan melalui camat, kemudian dilanjutkan ke kabupaten.

Dari Musrenbang itulah, Alokasi Dana Kampung (ADK) Kampung Buyung-Buyung sebesar Rp3,5 miliar, dan akan digunakan untuk kebutuhan masyarakat dalam bidang pertanian dan laut, karena mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah petani dan nelayan.

 

Ada beberapa usulan yang diajukan dalam Musrenbang oleh 11 Rukun Tetangga (RT), yang kemudian akan diajukan ke Pemda. Salah satunya adalah jalan poros dari pintu masuk Kampung Buyung-Buyung sampai Kampung Semurut, listrik dan air bersih.

"Memang ada beberapa usulan yang tidak dapat kami realisasikan menggunakan ADK, karena dana tersebut tidak akan mencukupi. Oleh karena itu, akan kami ajukan kepada Pemerintah Daerah," ucap Mustafa.

 

Adapun permintaan warga yang lainnya yaitu dalam bidang pertanian, tempat penjemuran padi, karena selama ini mereka kekurangan lahan untuk menjemur padi, dan untuk bidang sosial adalah dermaga untuk mereka para nelayan. Karena dermaga yang telah diajukan pada tahun 2016 belum terealisasikan.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia