Manfaatkan Pekarangan, Beri Tambahan Penghasilan Keluarga

 

BIATAN – Kelompok Wanita Tani (KWT) Biatan Bersama Kampung Biatan Ilir melalui bantuan Dinas Pangan, mulai menggiatkan program pemanfaatan pekarangan.

Bantuan yang diterima berupa pupuk kandang, profil tank, mesin pompa, jala waring net, ayam 10 ekor dan bibit tanaman seperti selada, kangkung, gambas, pare, terong, labu, cabe rawit, tomat, jagung, seledri, bayam, ubi rambat madu, jahe, kencur dan kunyit.

Ketua KWT Biatan Bersama, Mei Harni mengungkapkan, program ini selain bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, diharapkan juga mampu memberikan nilai tambah berupa tambahan penghasilan, guna mewujudkan keluarga mandiri dan sejahtera di kampung nantinya.

 

“Pada awal program, KWT ini langsung menyambut baik karena selain kegiatan ini positif dan dapat bernilai tambah buat keluarga, ikatan silaturahmi dan kekeluargaan diantara kami anggota kelompok juga semakin kuat,” jelasnya kepada beraunews.com, Selasa (31/01/2017) ketika berkunjung ke kebun percontohan dan persemaian milik KWK.

Ditambahkan Mei Harni, dalam pelaksanaannya, kelompok menggunakan kebun percontohan sebagai tempat pembelajaran bercocok tanam yang baik dan benar, juga sebagai persemaian bibit yang nantinya ditanam di kebun percontohan dan dapat juga dibawa pulang oleh anggota untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

 

Ke depan, KWT berharap adanya bantuan olahan lanjutan produk pertanian yang mereka tanam seperti ubi rambat, jahe, jagung dan kunyit, serta pemasarannya.

“Kami berharap ke depannya, kami juga mendapatkan bantuan pendampingan olahan lanjutan produk pertanian serta pemasarannya,” tutupnya.(bnc)

Citizen Jurnalis: Ade S.CVB/Editor: R. Amelia