Tahun Ini, Dinas Peternakan dan Pertanian Rencana Buka 500 Hektar Percetakan Sawah

TANJUNG REDEB – Mewujudkan program Pemkab Berau serta mewujudkan swasembada pangan, Dinas Peternakan dan Pertanian (Disnaktan) akan membuka ratusan hektar percetakan sawah di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Berau. Rencana pembukaan percetakan sawah ini sepertinya jauh lebih besar dari program tahun sebelumnya.

Kepala Disnaktan Berau, Suparno Kasim saat dikonfirmasi mengungkapkan, hal itu dilakukan demi meningkatkan kembali gairah petani dalam mengembangkan produksi pertanian.

“Tahun ini ada sekitar 500 hektar percetakan sawah yang akan dibuka di berbagai wilayah. Dan dalam pengembangannya ini, kita juga akan bekerjasama dengan TNI,” ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (20/01/2017).

Ia mengatakan, melalui program tersebut, Pemkab Berau ingin mensejahterakan, dan memandirikan masyarakat melalui sektor pertanian. Apalagi, ia juga mengakui bahwa saat ini, tidak semua petani memiliki ekonomi yang baik. Nah, dengan adanya pembukaan percetakan sawah tersebut, diharapkannya dapat mendorong semangat petani untuk lebih meningkatkan produksi pertanian, khususnya di sektor padi.

Sementara itu, terkait masih banyaknya keluhan masalah harga dan pemasaran sejumlah produksi pertanian yang masih belum sesuai dengan harapan. Mantan Asisten Administrasi Umum Setkab Berau ini menyebutkan, persoalan tersebut tidak hanya dialami masyarakat petani di Kabupaten Berau saja. Banyak daerah di provinsi lain juga yang mengalami kendala yang sama.

“Artinya, ini sudah menjadi masalah nasional. Tidak hanya petani kita saja yang mengalami hal ini. Dan Menteri sendiri juga menemukan hal serupa,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat petani di Berau, agar harga dan pasaran produksi pertanian dapat sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Ini akan menjadi PR bagi kami. Dan kita akan selalu berupaya agar pertanian di Kabupaten Berau dapat selalu meningkat, sehingga target swasembada pangan dapat dicapai,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia