BUMK, Wujudkan Satu Kampung Satu Produk

 

TANJUNG REDEB – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta setiap kampung atau desa di Indonesia untuk membuat satu produk unggulan di kampung masing-masing. Hal itu dilakukan, demi meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC P-Apdesi) Berau, Madri Pani mengatakan, dalam menentukan satu kampung satu produk itu, dapat dilakukan dengan membentuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). Namun saat ini, masih banyak pemerintah kampung di wilayah Berau yang belum membuat BUMK.

“Kampung yang belum memiliki BUMK, harus segera membuat, dan yang sudah silahkan menambah modal dan berkreasi agar BUMK benar-benar bisa diwujudkan. Jika berjalan, maka program satu kampung satu produk unggulan itu dapat tercapai,” ungkapnya didampingi Sekretaris DPC P-Apdesi, Abdullah Gani dan Wakil Sekretaris, Fitriansyah kepada beraunews.com, Rabu (18/01/2017).

BACA JUGAMendes PDTT Minta Kades Segera Tentukan Produk Unggulan Desa

Hanya, kata dia, seharusnya program tersebut ada penyampaian secara resmi dari pemerintah bersangkutan, paling tidak secara tertulis. Sehingga pemerintah kampung dapat langsung mengambil sikap untuk menjalankan instruksi tersebut.

Disamping itu, salah satu cara efektif untuk menjalankan hal itu adalah dengan memaksimalkan BUMK. Seperti yang dilakukan di Kampung Gurimbang. Saat ini, salah satu produk unggulan yang sudah dapat dinikmati hasilnya adalah pembuatan pupuk kompos organik.

“Alhamdulillah, dengan pembuatan pupuk kompos ini masyarakat sudah dapat merasakan hasilnya. Selain digunakan untuk keperluan pertanian dan perkebunan, pupuk itu juga dapat dijual ke sejumlah perusahaan tambang untuk reklamasi,” bebernya.

Namun pada intinya, P-Apdesi siap memfasilitasi, membantu dan mendampingi semua kepala kampung di Kabupaten Berau, dalam mendukung seluruh program pemerintah,  baik itu dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten.

“P-Apdesi siap ikut membantu mewujudkan program pemerintah,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia