Kembalikan Putra Daerah ke Asalnya!!!

 

SEGAH – Kepala kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, Surya Emi Susianthi meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat memprioritaskan putra daerah yang lolos menjadi pegawai, baik itu CPNS ataupun PTT untuk ditempatkan kembali ke kampung halamannya, khususnya yang berasal dari wilayah pedalaman.

Menurut Emi, selama ini telah banyak putra daerah dari Kecamatan Segah yang lulus sebagai perawat maupun guru sekolah dasar. Namun ketika telah menjadi pegawai pemerintah, justru mereka ditempatkan di luar wilayah kampungnya. Hal ini tentunya sangat menguras biaya lebih besar ketika mereka akan pulang ke kampung halaman dikarenakan aksesnya yang cukup jauh.

“Di sini kan banyak putra daerah jadi pegawai, baik sudah baru atau sudah lama, tapi mereka saat ini banyak bertugas di kampung atau kecamatan lain, bahkan ada yang di Biduk-Biduk. Sementara yang ditempatkan di kampung kita justru dari daerah lain,” ungkap Emi, kepada beraunews.com, Sabtu(14/01/2017).

Emi menambahkan, dengan dikembalikannya putra daerah mengabdi di kampung halamannya, tentu akan sangat membantu pemerintah. Kemudahan paling nyata yang dirasakan pemerintah adalah tidak perlu lagi menyediakan rumah dinas pegawai, karena mereka telah memiliki rumah pribadi di kampungnya masing-masing. Dengan demikian tentunya dapat mengurangi pemborosan anggaran.

“Mereka juga lebih tahu situasi dan kondisi wilayah kerjanya, karena kampung halamannya sendiri. Selain itu, dengan kemampuannya itu, mereka juga bisa membantu pemerintah kampung dalam membangun kampung. Tidak kami pungkiri kami juga membutuhkan mereka untuk memberi masukan dan kritikan untuk kampung,” tambahnya.

Sementara itu, menyikapi keluhan Kepala Kampung Tepian Buah, Sekretaris Daerah (Sekda) Jonie Marhansyah saat dikonfirmasi beraunews.com, enggan memberikan komentar.

“Soal itu semua keputusan Bupati, saya tidak tahu menahu,” tutupnya singkat.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia