Bupati : Pasca Bimtek, Kampung Diharapkan Memulai BUMDes

 

TANJUNG REDEB – Dukungan Pemkab Berau terhadap Pemerintah Kampung dalam mengelola dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap kampung atau desa diungkapkan Bupati, Muharram.

Usai pelatihan pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC P-Apdesi) Berau  dengan menggandeng sekitar 76 kampung ke Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, beberapa waktu lalu, menurut Muharram, hal tersebut semestinya dapat menjadi motivasi serta titik awal pemerintah kampung untuk memikirkan potensi apa yang sekiranya dapat dikembangkan melalui BUMDes.

"Pelaksanaan pelatihan BUMDes beberapa waktu lalu saya kira adalah tahap awal untuk mendapatkan bekal ilmu bagaimana mengelola sebuah BUMDes. Pasca pelatihan, saya harap masing-masing kampung sudah memikirkan potensi apa dan bagaimana memulai BUMDes di masing-masing kampungnya," ujarnya kepada beraunews.com, Sabtu (10/12/2016).

BACA JUGA : Ini Hakikat Pelaksanaan Bimtek BUMDes Garapan P-Apdesi

Adapun modal awal yang digunakan untuk mengelola dan mengembangkan BUMDes dianggarkan melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) masing-masing kampung dengan jumlah anggaran yang menyesuaikan dengan jenis usaha yang akan dikembangkan.

Tak hanya semata-mata menunaikan kewajiban menyerap anggaran ADK, namun pengelolaan BUMDes tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi kepala kampung dan masyarakat untuk dapat berpikir kreatif dan inovatif dalam mengelola potensi yang ada dikampungnya, serta menciptakan sumber-sumber penghasilan yang berkesinambungan.

"Target akhir adanya BUMDes ini adalah kita ingin masyarakat kampung dapat berkembang dari sisi ekonominya, baik lewat sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan sebagainya," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyinggung tentang kesiapan Pemkab dalam membantu setiap kampung yang dapat mengelola dan mengembangkan BUMDes dengan memberikan bantuan pendanaan hingga 10 persen dari total ADK kampung tersebut.

"Untuk soal ini, kami akan terus pelajari dan melihat perkembangan BUMDes nanti. Jika bisa berkembang dan dikelola dengan baik, tentunya Pemkab akan mendukung lebih," tandasnya.(Marta)