Adakan Ambulan Untuk Warga Tak Mampu

 

TALISAYAN – Pemerintah Kampung Bumi Jaya Kecamatan Talisayan, tak hanya memberikan pelayanan prima terkait administrasi kependudukan saja. Ternyata, dari segi pelayanan kesehatan masyarakat juga menjadi perhatian serius pemerintah kampung tersebut. Wujudnya, beberapa hari lalu, pemerintah kampung mengadakan satu unit mobil ambulan dengan memanfaat Alokasi Dana Kampung (ADK).

Kepala Kampung Bumi Jaya, Simprimas Erwan menyampaikan, pengadaan mobil tersebut bukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Melainkan alasan utama pihaknya mengadakan mobil tersebut untuk mempermudah masyarakat miskin yang ada di kampungnya guna mengantar jemput warganya yang sedang sakit, baik itu ke puskesmas terdekat, atau saat melakukan perujukan ke RSUD. Sehingga warga tersebut tidak perlu lagi membayar biaya operasional ambulan dengan biaya besar.

“Terus terang saja beberapa tahun pengalaman kita, untuk warga kita yang kurang mampu dan warga lainnya saat melakukan perujukan ke Tanjung Redeb (RSUD-red) sangat susah sekali. Terutama dalam membayar biaya operasional transportasinya yang bisa mencapai Rp900 ribu sekali berangkat,” ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (18/11/2016).

Ia menjelaskan, pengadaan ambulan tersebut telah sesuai dengan prosedur. Apalagi, hal itu ditujukan untuk meringankan beban warganya. Seperti diketahui, mayoritas masyarakatnya hanya mengandalkan pertanian untuk menggerakkan perekonomian mereka. Jelas akan semakin menyulitkan bagi warga tersebut.

“Alasan kita dalam mengadakan mobil ambulan ini semata-mata demi membantu dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. ya kita berharap, apa yang sudah ada dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena apapun itu, kita lakukan untuk kepentingan masyarakat Kampung Bumi Jaya,” ujarnya.(Hendra Irawan)