Pelayan Administrasi Tepian Buah Hanya 15 Menit

 

SEGAH – Bukan hanya menjadi kampung pertama yang menerapkan larangan peredaran miras bagi masyarakatnya, namun Kampung Tepain Buah yang mewakili kabupaten Berau dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi, juga memiliki program unggulan yang patut dicontoh kampung lainnya, yakni pelayanan administrasi 15 menit.

Diterapkan sejak tahun 2012 lalu, Kampung Tepian Buah berhasil menjalankan program itu. Kepala Kampung Tepian Buah Surya Emisusianti mengaku, jika program tersebut dikhususkan bagi setiap pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan administrasi, seperti surat pengantar pengurusan KTP hingga surat pengantar pengelolaan perkebunan.

“Caranya begini, untuk memenuhi kebutuhan kepengurusan pengantar warga, kita sudah printkan surat itu bersama dengan tanda tangan saya, jadi warga tinggal isi data diri saja. Kita kadang tidak ada ditempat, jadi dengan demikian walau kita sedang di luar kota, pelayanan sudah siap semua karena sudah kita print dari awal beserta tanda tangan kepala kampung,” jelasnya kepada beraunews.com, Kamis (27/10/2016).

BACA JUGA : Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Sambagi Tepian Buah

Bahkan diakui Emi, kondisi masyarakat yang masih kurang memahami waktu pelayanan, tak jarang membuat warga datang ke rumah kepala kampung di waktu malam hari, bahkan subuh sekalipun hanya untuk meminta surat pengantar kepala kampung.

“Warga ini kan kadang tidak begitu paham sama jam kerja, jadi kadang datang meminta surat jam 12 malam, bahkan jam 5 subuh pernah. Saya kalau sedang libur kerja, terus berkubun tetap bawa stempel. Karena kadang-kadang mereka di kebun minta stempel. Tapi, program pelayanan 15 menit ini tidak berlaku untuk permohonan surat garapan,” ujarnya.

Program yang telah berjalan selama hampir 4 tahun tersebut, diakui Emi, mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak keamanan agar dapat membantu menjalankan program pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 15 menit.

“Selama ini, program berjalan baik. Kita sudah bekerja sama dengan kepolisian untuk pelayanan SKCK 15 menit. Bahkan, tidak sampai 15 menit kalau memang semua persyaratannya telah terpenuhi,” tutupnya.(M.S. Zuhrie)