Selain Lada, Merancang Miliki Potensi Wisata Alam

 

GUNUNG TABUR – Selain memiliki potensi pertanian yang sangat baik, ternyata Kampung Merancang Ilir juga memiliki potensi wisata menjanjikan. Disebuah kawasan hutan kampung, terdapat sumber air dari bukit yang tinggi. Diketahui, sumber air ini yang kemudian menjadi sumber air bagi warga yang ada. Belum lama ini sejumlah aparat kampung dan warga melakukan peninjauan di lokasi air terjun ini dan tengah berupaya menjadikan kawasan wisata.

Menurut Kepala Kampung Merancang Ilir, M. Rizal, kabar temuan tersebut oleh warga kemudian ditindaklanjuti oleh pihaknya. Melalui tinjauan lapangan, disebutkannya ada proses aliran air melalui sela bukit yang ada dan turun seperti air terjun.

“Ketinggiannya lumayan bagus, ada sekitar dua puluhan meter, dan membentuk kolam jernih dibawahnya,” ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (25/10/2016).

Melihat potensi yang ada ini akhirnya menggerakan niat pemerintah kampung untuk menjadikan potensi ini sebagai objek wisata di Kecamatan Gunung Tabur. Pasalnya, sampai saat ini, wisata alam di Kecamatan Gunung Tabur kurang, kecuali wisata budaya Keraton Gunung Tabur. Sehingga menurutnya, jika mendapatkan dukungan potensi ini bisa menjadi salah satu objek wisata yang baik.

Diperlukan pemenuhan sarana pendukung untuk membenahi potensi ini. Salah satunya, akses jalan. Sebab untuk menuju kawasan air terjun ini menempuh perjalanan sekitar 18 kilometer dari pusat kampung.

“Tapi itu tidak jadi masalah karena kami sudah ada jalan besar untuk mencapai perkebunan lada milik warga, dari ujung jalan besar itu sekarang baru bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar tiga kilometer,” jelasnya.

 

Rizal berharap keberadaan kawasan hutan disekitar objek wisata ini bisa dibantu pemerintah agar tetap terjaga. Sehingga sumber air yang mengalir hingga pemukiman warga ini juga dimanfaatkan untuk kehidupan warga.

“Air dari sini juga yang kami manfaatkan untuk pengairan sawah, kebutuhan hidup warga sehari-hari, jika hutannya hilang, bukan masalah tidak jadi objek wisata tapi hilangnya sumber air kami,” tegasnya.

Saat ini, pemerintahan kampung tengah menyusun rencana menjadikan Merancang Ilir sebagai Argo Wisata padi, air terjun, perkebunan lada, ternak sapi dan sejumlah potensi lainnya.

“Kami berharap dukungan semua instansi bisa kompak mendukung kami agar bisa terwujud,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)