Bupati Buka Pelatihan BUMDes Di Bandung

 

BANDUNG – Bertempat di favehotel Braga Kota Bandung Jawa Barat, Bimbingan Teknis (Bimtek) atau pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bagi apartur kampung se-Kabupaten Berau resmi dibuka Bupati Berau, Muharram, Jumat (21/10/2010) pagi tadi.

Dalam sambutan singkatnya, Muharram mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya pelatihan yang digarap oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (P-Apdesi) Berau

Muharram juga mengharapkan, kegiatan ini dapat menjadi nilai tambah dan menjadikan amanah bagi kampung untuk mengelola dan meningkatkan kreativitas  BUMDes secara profesional dalam mengembangkan ekonomi desa.

"Kemarin saya pikir kenapa tidak dilaksanakan di Berau saja, tapi kata para Kakam (Kepala Kampung-red), semua sudah masuk dalam perencanaan. Selain itu, para kakam juga ingin belajar lebih mendalam terhadap keberhasilan sejumlah kampung lain dalam mengelola BUMDes. Atas dasar itu, saya merestui kegiatan ini," ujar Muharram dihadapan ratusan peserta pelatihan.

BACA JUGA : Jelang Keberangkatan, P-Apdesi Beri Pembekalan Bagi Peserta Bimtek

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) P-Apdesi, Wargiyati dalam sambutannya mengatakan, Kabupatan Berau merupakan salah satu kabupaten yang anggaran desanya cukup besar, yakni berada di kisaran Rp1 hingga Rp3 miliar per kampung. Dengan jumlah anggaran yang cukup besar tersebut, semestinya pihak kampung dapat mengelola dengan baik sumber daya lokal yang ada.

"Berau salah satu kabupaten dengan dana desa paling besar dan tidak mendapat potongan di saat krisis anggaran saat ini. Jadi kita semua ingin dengan dana itu, setiap desa harus bisa hidup mandiri dari sumber daya lokal," pesannya.

Dalam pelatihan pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan kali ini, selain dihadiri Bupati Berau, juga dihadiri, sejumlah Ketua P-Apdesi dari Kalimantan Barat, Jawa Timur, anggota Komisi II DPR RI, Budiman Sudjatmiko yang juga Dewan Pembina DPP P-Apdesi serta Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Berau, Datu Kesuma.(M.S. Zuhrie)