Waduh!!! PLTMH Tembudan Tak Lama Lagi Nyala, Satu Tiangnya Malah Tumbang

 

BATU PUTIH – Sepertinya rencana pengoprasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Tembudan dipastikan tidak akan berjalan mulus, meskipun perbaikan kanal yang dilakukan Pemkab Berau melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) bakal selesai dilakukan. Hal itu dikarenakan, salah satu tiang listrik yang berada RT 02 kampung tersebut tumbang, Senin (17/10/2016) sekitar pukul 17.30 Wita.

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, tumbangnya tiang listrik tersebut secara tiba-tiba. Lantaran salah satu pohon yang ada didekat tiang tersebut rebah dan mengenai tiang listrik.

“Rebahnya karena tertimpa pohon. Karena sebelumnya ada seseorang warga yang menumbang pohon didekat tiang listrik. Tapi sepertinya, pohon itu tidak benar-benar rebah saat ditinggalkan, makanya saat ada angin pohonnya rebah ke tiang listrik, dan membuat tiangnya juga ikut rebah,” ungkap Asri, warga sekitar kepada beraunews.com saat berada di lokasi.

Akibat rebahnya tiang listrik tersebut, aktivitas lalu lintas di jalan tersebut sedikit terganggu. Pasalnya, tiang tersebut rebah persis mengarah ke jalan, sementara kabel induk yang terpasang ditiang tersebut lepas dan menggantung persis di tengah jalan.

“Tadi sudah diberi tanda dengan menggantungkan alat seadanya sebagai tanda peringatan kepada pengendara untuk lebih berhat-hati,” bebernya.

BACA JUGA : PLTMH Tembudan Seminggu Lagi Beroperasi, Debit Air Dikhawatirkan

Sementara Sandi, warga lainnya mengatakan, saat kejadian kondisi jalanan terlihat sepi, sehingga tumbangnya tiang listrik tersebut tidak mengakibatkan kecelakaan.

“Ya untungnya juga saat tiangnya rebah, jalanan sepi,” ujarnya.

Kendati demikian, dirinya berharap agar tiang listrik dan kabel yang menggantung disekitar jalan tersebut dapat segera dilakukan evakuasi. Karena dikhawatirkan, akan mengakibatkan perisitiwa yang tidak diinginkan pada pengendara.

“Semoga cepat disingkarkan lah. Kasihan nanti kalau ada pengendara yang tersangkut dikabelnya. Disamping itu PLTMH juga tidak akan menyala jika tidak dilakukan perbaikan,” bebernya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan kondisi tiang dan kabel listrik tersebut masih berserekan di sekitar jalan, dan belum dilakukan perbaikan.(Hendra Irawan)