Kampung Gunung Sari Genjot Pembangunan Jalan Pemukiman

 

SEGAH – Guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat saat melakukan aktivitas perkebunan dan juga mengangkut hasil pertanian, pemerintah Kampung Gunung Sari Kecamatan Segah terus berupaya membenahi infratruktur yang ada.

Termasuk yang saat ini tengah digenjot, yakni pembangunan infrastruktur jalan pemukiman bagi masyarakat. Tak tanggung-tanggung, pembangunan jalan pemukiman yang dilakukan itu, menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Kampung mencapai 1.000 meter.

Kepala Kampung Gunung Sari, Yunus mengaku pembangunan infrastruktur jalan pemukiman ini sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah kampung dan masyarakat. Dimana, dalam beberapa pertemuan yang dilaksanakan dengan warga memang kebutuhan jalan baru bagi masyarakat sudah sangat mendesak.

“Ini jalan hampir 1 kilometer kita bangun, saat ini sudah berjalan hampir 50 persen. Pembangunan ini sebetulnya sudah lama mau dilaksanakan, tapi tertunda karena terkendala proses pencairan anggaran tahap dua kemarin. Tapi akhirnya sudah bisa kita bangun,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Sabtu (15/10/2016).

Dengan dibangunnya jalan pemukiman baru di Kampung Gunung Sari tersebut, selain akan mempermudah aktivitas masyarakat yang akan berkebun, juga terjadinya perataan pemukiman serta meningkatkan ekonomi warga.

“Kita bangun jalan baru, yang biasanya warga kalau berkebun lewat hutan sekarang bisa bawa kendaraan, bawa hasil kebun jadi mudah tidak repot. Kalau nanti jalannya sudah keras, bisa dibangun pemukiman warga. Dengan begitu akan berdampak terhadap ekonomi mereka,” tambahnya.

 

Selain membangun jalan, sejumlah jembatan penghubung juga saat ini sedang dibangun. Pembangunan jembatan dilakukan menyusul, sejumlah jembatan tradisional yang ada terbuat dari kayu, selain mudah kropos, juga mengancam keselamaan pengedara yang melintas. Dalam pembangunan jembatan dan jalan itu, setidaknya pihak kampung menggelontorkan dana hampir Rp300 juta.

“Kita buatkan jalan, kita bangunkan jembatan. Semua murni dana ADK, ini semua demi masyarakat. Sesuai program pemerintah pusat, yaitu membangun lewat pinggiran,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)