PLTMH Tembudan Seminggu Lagi Beroperasi, Debit Air Dikhawatirkan

 

BATU PUTIH – Perbaikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Tembudan di Kecamatan Batu Putih yang dilakukan beberapa waktu lalu, saat ini hanya tinggal penyelesaian tahap akhir. Hal itu disampaikan Kepala Kampung Tembudan, Nur Iman saat berbincang dengan beraunews.com, Kamis (13/10/2016).

Dikatakannya, perbaikan PLTMH sudah tinggal penyelesaian bagian-bagian kecil saja. Jika tidak mengalami kendala, besar kemungkinan dalam waktu dekat ini akan selesai.

"Prediksinya satu minggu lagi selesai," ungkapnya.

Dengan akan rampungnya perbaikan kanal dan bagian-bagian bangunan PLTMH tersebut, maka PLTMH akan dioperaskan guna memenuhi kebutuhan listrik. Hanya, saat ini sebagian besar sungai-sungai yang ada di Tembudan debit airnya mulai mengalami penyusutan. Dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin akan mempengaruhi PLTMH kedepannya.

"Kalau debitnya mencukupi Insya Allah bisa dioperasikan," ujarnya.

BACA JUGA : Maksimalkan PLTMH, Distamben Lakukan Perbaikan

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Berau, Mappasikra Mappaseleng mengatakan, perbaikan tersebut dilakukan bukan dikarenakan adanya kerusakan pada mesin. Melainkan lebih kepada pembenahan pada bendungan PLTMH, agar tidak mengalami kebocoran seperti yang terjadi sebelumnya. Disamping itu, dengan dilakukan perbaikan pada PLTMH tersebut, pihaknya optimis PLTMH dapat beroperasi lebih maksimal dalam memenuhi listrik masyarakat.

"Semua dibenahi, karena itu kan sebelum diperbaiki dinding bendungan banyak bocor, dan air juga banyak merembes dari dasar bendungan. Kita optimis dengan adanya perbaikan ini, PLTMH akan lebih maksimal beroperasi dibanding dari sebelumnya," pungkasnya.

Diketahui, perbaikan PLTMH tersebut bersumber dari APBD Berau yang dikerjakan oleh CV Mitra Sejati dengan anggaran Rp678.354.000 mulai Juni lalu.(Hendra Irawan)