Jadi Kelurahan Sebelum DOB, Talisayan Alami Kemunduran

 

TALISAYAN – Opini yang lagi marak diperbincangkan masyarakat, jika Kampung Talisayan sudah sangat layak untuk segera menjadi kelurahan, ditanggapi Kepala Kampung Talisayan, Yamsir.

"Tegas kita sampaikan, kalau untuk Kampung Talisayan untuk dijadikan kelurahan kita belum setuju," tegasnya saat dihubungi beraunews.com melalui sambungan telepon, Kamis (22/9/2016).

Dikatakannya, belum setujunya dirinya jika kampung yang dipimpinnya menjadi kelurahan lantaran akan mempengaruhi pertumbuhan pembangunan yang kini sedang berjalan pesat. Bahkan ia menilai, jika Talisayan menjadi kelurahan sebelum dilakukan pemekaran menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), maka hal itu merupakan suatu kemunduran.

Apalagi dengan adanya Alokasi Dana Kampung (ADK) yang jumlahnya miliaran rupiah yang setiap tahun didapat Talisayan, sudah pasti pembangunan di kampung semakin jelas terlihat. Hal inilah yang menjadi poin penting baginya, kalau Talisayan masih belum siap untuk jadi kelurahan.

"Perlu ada pertimbangan matang, karena kalau Talisayan menjadi kelurahan akan turun gunung (mengalami kemunduran-red) bukan naik gunung. Dan sudah pasti tidak dapat ADK. Pembangunan Talisayan juga tidak akan berkembang," bebernya.

Namun lanjut dia, jika DOB sudah terbentuk, maka perubahan status tersebut tidak menjadi masalah, karena hal itu sudah menjadi keharusan.

"Kalau sudah jadi DOB kita jelas mendukung, karena kita juga ingin Talisayan lebih maju. Namun jika dilakukan sebelum DOB kita masih belum setuju," pungkasnya.(Hendra Irawan)