Tepian Buah Fokus Bangun dan Tingkatkan Jalan

SEGAH - Sejak menjadi kampung definitif, Tepian Buah masih kekurangan akses jalan. Bukan sekedar akses jalan penghubung antar kampong, tetapi jalan dalam kampung. Seperti disampaikan Kepala Kampungnya, Surya Emisusianti, bahwa sejak lama masalah jalan menjadi keluhan warga Tepian Buah. Sehingga diputuskan penyelesaiannya dengan menggunakan Alokasi Dana kampung (ADK) secara bertahap.

“Ada banyak permintaan jalan baik bangun baru juga peningkatan,seperti yang kita kerjakan tahun ini,” ujarnya. Dari sejumlah kegiatan pemanfaatan ADK tahun ini, ada banyak kegiatan untuk infrastruktur jalan.

Tahun 2016 ini, kembali ada permintaan warga yang mengusulkan pembangunan jalan, untuk itu, pemerintah kampung Tepian Buah akan melanjutkan program tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan jalan kampung seperti gang awal kita tingkatkan jalan dalam RT 1 Tepian Buah, sementara masih proses, ini sebagai bentuk pemenuhan dari aspirasi warga kami, karena kasihan mereka sudah bertahun-tahun usulkan ini,” jelas Emi, sapaan akrab kepala kampung Tepian Buah.

Untuk RT 1, dalam penggunaan ADK tahap pertama akan meningkatkan jalan menjadi Pasir Batu (Sirtu). Sebelumnya jalan yang dimaksud menjadi keluhan warga. Terlebih dimusim penghujan jalan yang ada sulit untuk dilalui kerena berlumpur.

Diakuinya, kebosanan warga terhadap kondisi jalan sangat mendasar. Sebab selain sebagai jalan utama akses dalam kampung jalan ini pula yang menopang ekonomi masyarakat setempat. Meski tidak menyebutkan nominal, namun Emi mengatakan bahwa tahun ini pihaknya fokus pada pembangunan infrastruktur.

Karena disadari dengan keberadaan jalan, geliat ekonomi warga mulai terlihat. Mengangkut hasil usaha, hasil pertanian maupun untuk keperluan lainnya bisa lebih mudah.

“Cuma itu tadi, kalau musim hujan jadi bubur, makanya mau kita Sirtu dan kita siring agar bisa lebih mudah dan layak lagi,” tandasnya.(ana)