Biatan Baru Bangun Jalan Usaha Tani Sepanjang 2.900 Meter

 

BIATAN – Dalam upaya memaksimalkan produksi pertanian, Pemerintah Kampung Biatan Baru Kecamatan Biatan membangun jalan usaha tani sepanjang 2.900 meter. Pembangunan jalan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung petani dalam beraktivitas. Sesuai dengan kesepakatan masyarakat petani, jalan usaha tani sendiri, dibangun di 3 titik di RT 02 kampung tersebut.

"Ada yang 1.000 meter, ada 1.200 meter dan 700 meter, total ada 2.900 meter dengan anggaran sekitar Rp600 juta dari APBN. Itu sementara masih dikerjakan," ujar Kepala Kampung Biatan Baru, Robin kepada beraunews.com, Rabu (6/9/2016).

 

Dikatakannya, pembangunan jalan usaha tani dianggapnya teramat penting, mengingat dikampungnya hampir mayoritas masyarakatnya adalah petani. Apalagi, tidak sedikit petani disana mengeluh lantaran kondisi jalan yang kerap rusak ketika diguyur hujan, sehingga perlu didukung dengan jalan yang baik. Salah satunya dengan membangun jalan usaha tani.

Jalan tersebut diharapkannya, bisa memberikan konstribusi nyata untuk peningkatan hasil produksi pertanian baik itu jagung, kedelai, padi, dan tanaman lain khususnya di Kampung Biatan Baru.

"Karena kita ingin masyarakat petani disini dapat bertani tanpa terkendala medan. Dengan adanya jalan usaha tani, otomatis petani yang dulunya kesulitan dalam beraktivitas kini sudah tidak lagi, sehingga produksi pertanian baik jagung maupun kedelai diharapkan lebih meningkat," ujarnya.

 

Sementara terkait pengerjaan jalan usaha tani sendiri diharapkannya dapat selesai tepat waktu, dan kemudian dapat dimanfaatkan petani sebagaimana mestinya.

"Harapan kita tidak ada kendala, dan selesai tepat waktu," tutupnya.(Hendra Irawan)