Apes!!! Mau Panen Lada, Malah Keduluan Pencuri

BATU PUTIH – Kasus pencurian kembali terjadi di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih. Namun, pencurian yang terjadi kali ini sedikit berbeda dari kasus-kasus sebelumnya.

Jika biasanya pelaku pencurian ini mengincar sejumlah peralatan berharga, seperti sepeda motor dan alat elektronik, kali ini pelaku mengincar tanaman lada. Aneh memang, tapi kejadian seperti ini kerap terjadi saat petani mulai panen lada seperti sekarang.

Dalam melakukan aksinya, pelaku juga tak tanggung-tanggung, buah lada yang masih berada di pohon pun turut jadi sasaran. Seperti yang dialami warga RT 06 Kampung Tembudan, Pilipus (50). Saat berbincang dengan beraunews.com, ia mengatakan kebun lada miliknya sudah dicuri.

Ia menjelaskan, sebelum pencurian terjadi, dirinya masih sempat memanen sebagian buah lada yang sudah memerah. Akan tetapi, karena merahnya belum merata, dirinya pun berinisiatif untuk memetiknya satu minggu berikutnya. Setelah seminggu kemudian ketika dirinya hendak memanen, tepatnya hari Senin (29/8/2016), lada yang rencana akan dipetik tersebut sudah hilang.

"Pas saya mau metik, lada yang seharusnya sudah merah, hilang semua puluhan kilo dengan kerugian belasan juta rupiah. Kalau pun jatuh bekasnya pasti ada, ini tidak ada. Saya sendiri datang ke kebun juga tidak setiap hari," bebernya pada beraunews.com, Rabu (31/8/2016).

Ia mengaku tidak mengetahui siapa yang telah mencuri buah ladanya tersebut. Disamping itu, pelaku juga sudah mengerti kalau dirinya tidak setiap hari ada di kebun, sehingga bebas mengambil buah lada miliknya.

"Pencurian seperti ini baru pertama saya alami. Apalagi pelaku mencuri dengan memetik langsung di kebun saya," bebernya.

Sebenarnya pencurian lada tersebut bukanlah satu-satunya di Kampung Tembudan. Ia menyampaikan, selain dirinya masih ada warga lain yang juga menjadi korban pencurian.

"Ada juga lada yang sudah direndam di sungai, juga hilang dicuri. Memang kalau musim panen lada begini, pencurian juga mulai banyak," bebernya.

Terkait kasusnya tersebut, dirinya sengaja tidak melaporkan ke pihak berwajib. Hal itu dikarenakan, dirinya ingin membuktikan sendiri siapa yang telah mengambil buah ladanya tersebut.

"Tidak dilaporkan. Tapi tetap akan diawasi, pasti juga bakal ketahuan pelakunya," pungkasnya.(Hendra Irawan)