PT Berau Coal Realisasikan Bantuan Tong Sampah di Kelurahan Teluk Bayur

 

TELUK BAYUR – Sebagai bentuk perhatian dan komitmen kepada pemerintah daerah dan masyarakat Berau, PT Berau Coal melalui Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC), kembali menjalankan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini, PT Berau Coal memberikan bantuan tong sampah kepada Aliansi Pemuda Teluk Bayur (Apatar).

Serah terima bantuan tong sampah tersebut diserahkan oleh PIC Kesehatan CSR Site SMO-HO, Surya Windah Dahlan kepada Ikhsan, perwakilan Aliansi Pemuda Teluk Bayur (Apatar) yang disaksikan staf Pemerintahan Kelurahan Teluk Bayur, Reni Suryadi di Gedung KNPI Teluk Bayur, Senin (04/12/2017).

Dikatakan Surya Windah Dahlan, bantuan yang diberikan tersebut berupa 67 pasang tong sampah organik dan anorganik atau sebanyak 134 unit, yang diperuntukkan bagi seluruh RT se-Kelurahan Teluk Bayur. Diharapkannya, dengan bantuan tong sampah yang merupakan realisasi dari sinkronisasi program CSR PT Berau Coal untuk tahun 2017 itu, masyarakat Kelurahan Teluk Bayur bisa lebih tertib dalam mengelola sampah.

 

Menurutnya, saat ini masalah sampah memang belum teratasi dengan maksimal, karena masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan. Karena itu, PT Berau Coal melalui YDBBC, ingin membantu mengatasi permasalahan sampah dengan membagikan tong sampah ke wilayah Kelurahan Teluk Bayur.

“Dengan adanya tong sampah ini, warga bisa membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, diharapkan kesehatan masyarakat menjadi terjamin. Selain itu, dengan adanya program pengelolaan sampah dari pilar kesehatan dan nutrisi CSR PT Berau Coal ini, diharapkan Berau bebas sampah 2019 dapat tercapai,” imbuhnya.

Sementara itu, Reni Suryadi didampingi Ikhsan mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Berau Coal yang telah memberi perhatian dan bantuan terhadap Kelurahan Teluk Bayur, khususnya dalam pengelolaan kebersihan. Terlebih dengan adanya tempat sampah, maka akan memudahkan warganya untuk membuang sampah.

 

“Dengan adanya tong sampah ini, diharapkan warga dapat mempergunakannya dengan sungguh-sungguh. Tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai dan drainase. Selain itu, diharapkan warga juga dapat membedakan mana sampah organik dan sampah anorganik, agar petugas yang sering mengambil sampah tidak kesulitan lagi memilahnya,” jelasnya.

Tong sampah tersebut, dikatakannya, akan ditempatkan di tempat umum seperti pasar, sekolah, kantor-kantor dan lainnya. Selain itu, di Setiap RT juga akan ditempatkan minimal 4 tong sampah.

“Kita harapkan kerja sama yang baik dari pihak PT Berau Coal bisa terus berjalan dan bisa memberikan dampak yang lebih luas lagi,” tandasnya.(advertorial/Miko Gusti Nanda/bnc)