Ujung Tombak Pemberdayaan Masyarakat, Sekretariat LPM Gunung Panjang Diresmikan

 

TANJUNG REDEB – PT Berau Coal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR), kembali menunjukkan komitmen kepeduliannya terhadap masyarakat lingkar tambang. Setelah banyak program 4 pilar terealisasi, kini giliran masyarakat Kelurahan Gunung Panjang yang merasakan kepedulian perusahaan tambang terbesar di Bumi Batiwakkal tersebut.

Salah satu wujud kepedulian kepada Kelurahan Gunung Panjang itu, bertempat di Kantor Lurah, Selasa (14/11/2017), diresmikan Sekretariat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan hasil renovasi pendopo.

Ketua LPM Gunung Panjang, Daud Yusuf sangat bersyukur atas diresmikannya sekretariat LPM yang dipimpinnya. Dikatakannya, dengan adanya sekretariat ini, LPM memiliki wadah berkumpul dan berdiskusi untuk perkembangan pembangunan Kelurahan Gunung Panjang.

Keberadaan sekretariat LPM ini, diakui Daud, menjadi keinginan terbesar pihaknya. Pasalnya, sebelum sekretariat ini direalisasikan PT Berau Coal, LPM Gunung Panjang dalam melakukan koordinasi dan diskusi, hanya bisa di warung kopi dan atau cafe.

“Terima kasih kepada PT Berau Coal yang merealisasikan gedung LPM ini, tanpa kontribusi PT Berau Coal, yang kami inginkan tidak mungkin terwujud. Mulai besok akan kita fungsikan tempat ini untuk perkembangan pembangunan Kelurahan Gunung Panjang, dan untuk mendukung program-program pemerintah,” ujarnya.

Senada dengan LPM, Lurah Gunung Panjang Kaharuddin juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Berau Coal yang telah mewujudkan pembangunan sekretariat LPM dan merenovasi pendopo itu. Dikatakannya, di tengah kondisi keuangan daerah yang sedang defisit, program CSR PT Berau Coal khususnya di Kelurahan Gunung Panjang, dalam membantu pembangunan. tentunya sangat membantu. Bahkan informasinya, CSR PT Berau Coal yang dikucurkan untuk Kelurahan Gunung Panjang telah terealisasi sekitar 90 persen dari hasil sinkronisasi 2017.

“Program CSR PT Berau Coal tentunya sangat membantu. Karena dalam kondisi defisit, kami tetap bisa membangun. Namun, kami harapkan kontribusi perusahaan tidak hanya sebatas memberikan fasilitas saja, tetapi ada juga program yang langsung mengena dengan masyarakat. Sebab, fungsi sinkronisasi CSR PT Berau Coal, untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat,” harapnya.

 

Sementara itu, GM CSR PT Berau Coal Horas Parsaulian Pardede mengatakan, pembangunan sekretariat LPM dan renovasi pendopo, merupakan komitmen bersama yang dilakukan PT Berau Coal dan Kelurahan Gunung Panjang pada sinkronisasi CSR PT Berau Coal 2017. PT Berau Coal, dikatakan Horas, tentunya sangat berkomitmen untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder di lingkar tambang, termasuk Kelurahan Gunung Panjang.

“Program CSR PT Berau Coal, termasuk di Kelurahan Gunung Panjang ini, tidak hanya infrastruktur, seperti Kantor LPM dan renovasi pendopo, tentunya juga dengan program 4 pilar yang lain akan terus berjalan, baik di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan sosial budaya, dan kegiatan kepemudaan, kegiatan adat, yang paling utama adalah kegiatan pengembangan ekonomi,” jelasnya.

Horas berharap, dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan, LPM dapat menjadi ujung tombak PT Berau Coal. Untuk itu, saran pendapat LPM khususnya dalam bidang ekonomi, sangat diperlukan pada sinkronisasi CSR PT Berau Coal 2018 yang akan digelar November mendatang

“Jadi kami berharap, komunikasi kita menjadi lebih baik, tentunya kami memerlukan masukan-masukan dari semuanya,” katanya.

 

Camat Tanjung Redeb Yudha Budisantosa melalui Sekretarisnya Abdurrahman yang meresmikan sekretariat LPM dan renovasi pendopo berharap agar keberadaan sekretariat LPM dan pendopo dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, khususnya di Kelurahan Gunung Panjang. Selain itu, ia juga berharap kontribusi PT Berau Coal dalam membantu masyarakat bisa terus berlanjut.

“Atas nama Camat, saya meresmikan gedung LPM dan pendopo di Kelurahan Gunung Panjang ini. Kami tentunya mensupport apa yang menjadi program CSR PT Berau Coal akan berkelanjutan, bukan hanya di Kelurahan Gunung Panjang, tapi juga di wilayah operasional tambang PT Berau Coal, sehingga akan terus memberikan sumbangsih kepada daerah, khususnya yang menyangkut operasional tambang,” tandasnya.

Untuk diketahui, sekretariat LPM dibangun pada awal September 2017 dan selesai pada 30 Oktober 2017, dengan anggaran senilai Rp270 juta, sementara untuk renovasi pendopo, sebesar Rp100 juta.(advertorial/Miko Gusti Nanda/bnc)