Peringati Sumpah Pemuda ke-89, SMPIT Ash-Shohwah Gelar Bulan Bahasa

 

TANJUNG REDEB – Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ke-89, yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, SMPIT Ash-Shohwah menggelar kegiatan bulan bahasa yang diikuti siswa siswi kelas VII-IX, di halaman sekolah sekitar pukul 08.00 Wita, Jumat (27/10/2017).

Kepala Sekolah SMPIT Ash-Shohwah, Eka Saputra Syahramadhansyah melalui Waka Kesiswaan, Nur Abadi mengatakan, selain untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa, agar mampu berkecakapan dengan baik di depan umum.

“Acara yang kami gelar ini, bertujuan sebagai bentuk penghargaan dan peringatan hari nasional, yaitu Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, dengan digelarnya acara ini, dapat melatih keberanian siswa berbicara di depan orang banyak, baik di depan teman-temannya mapun dengan warga sekolah lainnnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, rangkaian lomba di dalam bulan bahasa ini, selain lomba berkecakapan bahasa Arab, Inggris, dan bahasa asli daerah Berau, ada juga lomba-lomba lain yang digelar pihaknya.

“Antara lain, lomba cipta karya, seperti lomba membuat cerpen (cerita pendek), cerbung (cerita bersambung), cipta puisi, novel, dan perlombaan film pendek,” tuturnya.

 

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Kegiatan, Nirwana menjelaskan, jika persiapan pelaksanaan kegiatan ini sudah sangat matang sekali, yakni sejak awal bulan Oktober. Namun, lantaran banyaknya agenda kegiatan sekolah, maka mengarahkan siswa untuk turut memeriahkan acara bulan bahasa ini, baru bisa dilakukan pada pertengahan bulan.

“Dalam kegiatan ini, ada bazarnya juga, maka dari itu selain melatih mental, kegiatan ini juga dapat lebih melatih kekompakaan mereka (siswa-red) antara satu dengan yang lainnya”, ujarnya.

Selain tujuan tersebut, dikatakan Nirwana, kegiatan ini juga berfungsi sebagai media belajar, yang dimana pada saat penyampaian kecakapan, misalnya saja berbahasa banua ataupun bahasa arab, maka secara otomatis murid yang lain pun akan memahami secara pasti apa arti dari penyampaian tersebut.

 

Senada dengan para guru-guru, Ketua Panitia Bulan Bahasa sekaligus Ketua OSIS SMPIT Ash-Shohwah, Dendy Yusuf mengungkapakan perasaan senangnya dengan diadakannya perlombaan ini. Dikatakannya, melihat teman-temannya berani tampil di depan orang banyak, berani berkreasi, hingga antusias yang begitu heboh, dirinya merasa senang sekali.

“Saat pertama saya informasikan akan diadakan bulan bahasa ini, antusias teman-teman begitu luar biasa. Hal itu terlihat dari formulir pendaftaran yang dengan cepat mereka minta. Saya berharap, agar Ketua OSIS selanjutnya, dapat menggelar acara yang lebih meriah lagi dan kekurangan-kekurangan yang sekarang, dapat tertutup di masa jabatan OSIS yang akan datang,” tandasnya.(Miko Gusti Nanda/bnc)