Cegah Gesekan Antar Suku, FPK Kecamatan Akan Dibentuk

 

TANJUNG REDEB- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Berau, yang diketuai Hasanul Haq Batubara, dalam waktu dekat akan segera melaksanakan pelantikan pengurus FPK di tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Berau. Hal itu disampaikan Hasanul dalam rapat pembentukan FPK Kecamatan Se-Kabupaten Berau, yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Gunung Tabur, Rabu (09/08/2017).

Pembentukan FPK di tingkat Kecamatan tersebut, dikatakan Hasanul, merupakan upaya FPK Berau dalam menjaga kondusifitas dan keamanan Berau, terutama dari hal yang menyangkut dengan isu kesukuan.

"Sebelumnya kita sudah dilantik untuk FPK tingkat kabupaten. Jadi dalam waktu dekat, sekitar bulan September, kita akan lakukan pelantikan untuk pengurus di tingkat Kecamatan yang nantinya akan langsung dibina oleh Camat masing-masing," ujarnya kepada beraunews.com.

 

Selain itu, FPK Berau yang menaungi sekitar 27 paguyuban dari berbagai suku tersebut, juga akan dijadikan wadah bagi seluruh paguyuban untuk dapat menjalin silaturahmi bersama dengan paguyuban lain demi terciptanya kekeluargaan yang erat.

"Kita tahu selama ini ada saja permasalahan-permasalahan yang menyangkut kesukuan, dan akhirnya tidak jarang menjadi penghambat bagi kita untuk melakukan pengembangan diri, maupun pembangunan-pembangunan lain, akibat adanya gesekan berbau suku tersebut. Jadi melalui FPK, masyarakat akan diberi pemahaman bahwa kita hidup dengan berbagai suku itu adalah sebuah kebanggan, bukan justru menjadikan kita tercerai-berai," ungkapnya.

 

Dengan dilantiknya FPK tingkat Kecamatan, ia juga berharap masyarakat dapat menjadi ujung tombak dalam menjaga kesatuan dan kebhinekaan yang ada saat ini.

"Semoga dengan hadirnya FPK di setiap Kecamatan, akan menambah keeratan kekeluargaan seluruh suku yang ada di Berau. Jangan sampai ada lagi gesekan-gesekan kesukuan yang akan merugikan kita sebagai masyarakat Berau," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia