Ratusan Alumni SMPN 6 Berau Hadiri Reuni Akbar Sekaligus Pembentukan IKAMI

 

PULAU DERAWAN - Reuni biasa dilakukan guna menjalin silaturahmi dengan angkatan sebelumnya, yang memang jarang bertemu dan berkumpul bersama. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh para siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Berau.

Bertempat di lapangan SMPN 6 yang berlokasi di Kampung Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan, sebanyak 408 orang yang dulunya terdaftar sebagai siswa di sekolah tersebut, mulai dari angkatan pertama tahun 1985 hingga angkatan 31 alumni 2015, hadir dalam reuni akbar yang digelar.

"Kalau dari jenjang SMP, reuni akbar ini adalah yang pertama kali dilakukan, karena biasanya reuni seperti ini dilaksanakan tingkat SMA. Dan kebetulan juga ini gagasan pertama dari kami, alumni SMPN 6 Berau, untuk melaksanakannya, dimana sejak awal berdirinya yakni di tahun 1985 hingga sekarang, belum pernah ada reuni akbar," terang Ketua Panitia Reuni Akbar SMPN 6 Berau, Afriansyah kepada beraunews.com, Senin (03/07/2017).

Selain baru pertama kali dilakukan, reuni ini juga dilaksanakan guna menjalin kembali silaturahmi dan musyawarah diantara sesama alumni. Oleh karena itu, Ikatan Keluarga Alumni (IKAMI) SMPN 6 Berau pun dibentuk.

"Selain berkumpul, nantinya dengan IKAMI ini juga akan ada wadah bagi para alumni untuk musyawarah dan sharing, tentang apa saja yang bisa dilakukan guna memajukan sekolah kami dulu yakni SMPN 6 Berau. Jadi pelaksanaannya dilakukan selama 2 hari, mulai dari Jumat (30/06/2017) hingga Sabtu (01/07/2017), dimana pada Jumat kita lakukan musyawarah pembentukan IKAMI ini sekaligus memilih ketuanya, barulah Sabtunya dilakukan reuni," terangnya.

 

Reuni yang bertema "Bahagia Karena Kita Keluarga" pun dilaksanakan sejak jam 6 pagi dengan registrasi di lokasi acara, dan jam 07.00 Wita dilanjutkan dengan jalan sehat keliling Kampung Tanjung Batu. Karena mayoritas alumni merupakan warga Tanjung Batu, maka untuk akomodasi penginapan pun tidak ada masalah.

"Rata-rata punya keluarga di sini (Tanjung Batu-red), jadi penginapan aman. Kalaupun ada yang tidak punya keluarga di sini, maka bisa menginap di rumah teman yang notabene memiliki keluarga di Tanjung Batu, saling membantu sesama alumni sekolah," imbuhnya.

Afriansyah yang juga terpilih menjadi Ketua IKAMI berharap, dengan adanya gelaran ini, tali silaturahmi yang ada akan semakin erat, dan inovasi pemikiran guna memajukan SMPN 6 Berau juga tercipta melalui IKAMI, dan juga kemajuan Kampung Tanjung Batu pada umumnya.

 

Sementara itu, Refliansyah, salah satu alumni SMPN 6 Berau angkatan 2000, juga mengungkapkan rasa gembiranya dengan adanya reuni ini.

"Mudahan dengan reuni ini, bisa mempererat hubungan yang ada. Dan tak hanya dilaksanakan di tahun ini saja, melainkan tahun-tahun selanjutnya. Apalagi angkatan tahun-tahun sebelumnya banyak yang sudah jadi pejabat atau pegawai pemerintahan, yang memang bisa dibilang tidak selalu bisa berkumpul seperti ini, makanya reuni ini juga bisa menjadi momentum yang pas menjalin tali silaturahmi sekaligus sharing," ucapnya.(bnc)