Kadin Jadi Tujuan Awal Reses Rusianto

 

TANJUNG REDEB – Mendapat kunjungan reses dari salah satu anggota DPRD Provinsi Kaltim Dapil Kaltim V (Berau, Kutim.dan Bontang), Rusianto, pada Rabu (24/05/2017) malam, membuat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Berau, sangat bangga.

“Kebanggaan tersendiri bagi Kadin ketika mendapat kunjungan dari bang Kiang (sapaan akrab Rusianto-red) ini, dan dalam kesempatan ini kami dari Kadin menyampaikan beberapa aspirasi dari teman-teman pengusaha di Berau. Setelah ini kami berharap adanya kemudahan regulasi terkait perijinan dan dukungan berbagai elemen yang ada seperti pemerintah maupun perusahaan-perusahaan besar di Berau, agar benar-benar bisa bersinergi dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), maupun Industri Kecil dan Menengah (IKM),” jelas Ketua Kadin, Fitrial Noor, kepada beraunews.com.

“Paling tidak dengan adanya sinergi ini, dapat ikut meningkatkan ekonomi masyarakat. Terlebih dengan kondisi saat ini, dimana seharusnya pengusaha membantu pemerintah menggerakkan roda perekonomian agar tidak kembali stagnan. Karena dampak defisit luar biasa di berbagai sektor,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, sampai saat ini Kadin sudah dilibatkan di berbagai lembaga maupun bidang, contohnya salah satu anggota Kadin yang masuk dalam dewan ekonomi. Selain itu, beberapa waktu lalu juga dipercaya sebagai wakil ketua peningkatan investasi daerah, pokja investasi daerah.

“Saya harap ke depannya, untuk Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya, kalau ada kegiatan berhubungan dengan ekonomi, Kadin bisa dilibatkan sehingga bisa bersinergi dengan program-program Kadin yang sudah ada,” harapnya.

 

Sedangkan Rusianto, saat resesnya di periode kedua di tahun 2017 dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat ini, memang salah satunya menyasar Kadin, lantaran Kadin merupakan bagian dari masyarakat yang bergelut dengan dunia usaha.

“Dengan reses ini mudahan kinerja Kadin bisa semakin meningkat, selain itu juga agar Kadin memiliki wibawa, maka sudah seharusnya Kadin dilibatkan di berbagai kegiatan dunia usaha. Minimal Kadin juga harus memiliki data riil terutama Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Berau, seperti kehutanan, kelautan, pertambangan. Jadi, minimal pengusaha sebelum mendatangi kantor pemerintah, kalau bisa datang ke Kadin untuk melihat datanya,” ungkapnya.

Segala masukan dan saran dati Kadin akan dimasukkan dalam laporan reses yang kemudian akan disampaikan dalam rapat paripurna, jadi bukan hanya untuk di Berau, tetapi juga diterapkan di Kutim, Bontang, dan bahkan di level provinsi.(bnc)