Tingkatkan Kualitas dan Kreativitas, YPMNU BBW Berau Gelar Pelatihan

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru TK Annisa se-Kabupaten Berau yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdatul Ulama Bina Bakti Wanita (YPMNU BBW) Berau, digelar Pelatihan Pembelajaran Model Sentra dan Kurikulum Tahun 2013, di TK Annisa Mawar, pada Senin (22/05/2017).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari TK Annisa se-Kabupaten Berau tersebut dilaksanakan selama kurang lebih tiga hari hingga Rabu (24/05/2017) mendatang.

Disampaikan Ketua Panitia Kegiatan, Halimatu Sakdiah, pelatihan tersebut sudah lama diwacanakan pihaknya guna meningkatkan kualitas guru TK Annisa yang tergabung dalam YPMNU BBW Berau. Selain itu, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk mengubah model pembelajaran dari model pembelajaran berkelompok menjadi model sentra, serta mengubah kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 (K13).

 

"Pelatihan ini bertujuan agar kreativitas dan kualitas para guru menjadi lebih terasah dan lebih ditingkatkan lagi, khususnya dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik kami. Sebelumnya model pembelajaran kita menggunakan model berkelompok, tapi kali ini akan kita ubah menjadi sentra. Maka itu akan lebih spesifik lagi," jelasnya kepada beraunews.com.

Dengan model pembelajaran yang akan memiliki perbedaan dari model sebelumnya tersebut, ia juga berharap akan timbul semangat baru dari para muridnya.

"Adanya perubahan model pembelajaran yang diterapkan tenaga pendidik, diharapkan murid-murid jadi lebih semangat, lebih bergairah mengikuti proses belajar mengajar. Tidak bisa dan menganggap pembelajaran adalah keseruan yang harus dinikmati," ucapnya.

 

Adapun materi pertama yang diberikan untuk para peserta pelatihan ialah berkaitan dengan etika, kepribadian dan keprotokolan yang harus bisa dimiliki setiap pendidik untuk menunjang kemampuannya.

"Peserta dilatih untuk menjadi seorang pendidik yang punya etika, punya keahlian juga. Jadi tidak hanya sekadar mendidik, tapi juga bisa mencontohkan dan menerapkan ilmu apa yang diberikan pada hari ini. Kami berharap setelah ini akan muncul tenaga pendidik yang lebih inovatif, kreatif, dan bisa menjadi teladan bagi murid sekaligus lingkungannya," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia