Pagar Masjid dan Gapura Sambakungan, Bantuan Dana CSR Berau Coal

 

GUNUNG TABUR – Kampung Sambakungan juga tidak lepas dari bantuan dana CSR, dari PT Berau Coal. Contoh, salah satunya adalah pembangunan pagar masjid Al-Azhar. Dimana banyak yang mengatakan, setelah adanya pembangunan pagar masjid tersebut, banyak manfaat yang diperoleh, yaitu hewan-hewan liar seperti halnya babi hutan ataupun anjing liar, tidak lagi masuk ke dalam masjid.

“Syukur Alhamdulillah setelah adanya bantuan pembangunan, dan pagarnya jadi, hewan-hewan yang dahulunya sering masuk di sekitar halaman masjid, sekarang sudah tidak lagi,” ucap staf pelayanan masjid, Muhammadin.

Pagar masjid ini dapat dikatakan, adalah bantuan pembangunan yang baru saja dijalankan yaitu pada tahun 2016 lalu. Selain pagar, masjidnya pun juga bantuan pembangunan dari dana CSR PT Berau Coal. Masjid yang bernama Al-Azhar tersebut banyak digunakan untuk keperluan-keperluan kegiatan keagamaan islam antara lain, pengajian atau perayaan hari-hari besar islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Diungkapkan Muhammadin, masjid Al-Azhar memiliki lokasi yang strategis karena berada di tengah kampung, hal ini memungkinkan masjid Al-Azhar sendiri menjadi pusat masyarakat ketika ingin menjalankan ibadah misalnya salat Jumat. Selain memberikan keamanan, pagar-pagar bantuan pembangunan itupun juga dapat memberikan manfaat seperti menambah keindahan masjid.

Setiap bulan Ramadan, bantuan fasilitas internal masjid pun juga diberikan, misalnya Alquran, pengeras suara termasuk bantuan sembako dan sebagainya. Masyarakat sekitar pun mengungkapkan jika bantuan yang diberikan juga memberikan manfaat  yang begitu dirasakan, seperti adanya pembangunan, Water Treatment Plant (WTP), yang diungkapkan warga memberikan pasokan air bersih yang telah diolah terlebih dahulu.

 

Selain ketiga bantuan tersebut, contoh lainnya lagi adalah pembangunan gapura Sambakungan.

“Gapura ini pun sangat berguna untuk menandakan tamu atau pemerintah jika mereka telah sampai di Kampung Sambakungan,” ucap seorang warga.

“Harapan saya ke depannya semoga Kampung Sambakungan tetap menjadi salah satu binaan PT Berau Coal, dan tetap dikontrol,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia