Gelar Donor Darah, FKM Berau Memang Dibangun dan Berkembang untuk Masyarakat Berau

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka ulang tahun ke 10 Forum Komunikasi Maritim (FKM) Berau, diadakan gelaran donor darah pada Rabu (17/05/2017), di PMI Kabupaten Berau. Selain itu pada tanggal 19-20 Mei 2017 mendatang juga akan diadakan lomba domino (gaplek) dan yang sudah berjalan adalah sayembara logo FKM Berau.

Untuk donor darah diikuti setidaknya 60 orang, yang berasal dari berbagai instansi, diantaranya dari Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), Pertambangan, Keagenan, Kepolisian, dan Syahbandar.

“Memang untuk anggota FKM Berau ini bukan hanya yang termasuk dalam kemaritiman atau marine saja, tetapi juga instansi lain dirangkul, karena sesuai dengan tujuan awalnya, dimana forum ini dibangun untuk kemaritiman masyarakat Berau yang akan berkembang juga untuk masyarakat Berau,” terang Hivensasi Siregar, Ketua Panitia Milad FKM Berau 2017, saat ditemui beraunews.com, di sela-sela kegiatan donor darah.

Awalnya, forum yang dibentuk hanya beranggotakan orang-orang maritim saja, tetapi dalam perjalanannya, hingga bisa eksis selama hampir 10 tahun ini, sekarang anggotanya ada sekitar 25 instansi. Sedangkan untuk perorangnya jika dihitung bisa mencapai 200-an anggota.

 

“Dulu hanya forum kecil yang belum terlalu dikenal, tapi seiring waktu semakin bertambah. Yang paling diutamakan dalam forum ini adalah kebersamaan. Jadi, jika ada permasalahan, kami akan duduk bersama, berdiskusi mencari solusinya,” imbuhnya.

“Saya berharap nantinya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan diadakan setiap tahun. Terlebih, dalam perjalanannya, forum ini juga akan semakin berkembang dan besar. Nantinya tak hanya di Berau saja, tetapi forum ini juga akan dikenal di Kaltim dan Indonesia,” ucapnya.

Terpisah, Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Berau, Widi Widodo, yang juga tergabung dalam FKM Berau, mengungkapkan apresiasinya dan mendukung penuh program FKM terutama yang bertujuan untuk masyarakat seperti dalam hal kesehatan ini.

 

“Harapannya, hubungan yang terjalin antar instansi di FKM ini semakin erat dan akrab, sehingga mendukung jasa proses kemaritiman untuk mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Berau berkelanjutan yang lebih baik. Selain itu juga FKM ini ke depannya akan dapat mewujudkan poros maritim dunia yang sudah disampaikan oleh Presiden RI,” ungkapnya.

Ditambahkan Widi, dari Angkatan Laut sendiri ada 10 orang anggotanya yang sudah masuk dalam FKM Berau. Sedangkan lainnya adalah dari Disposal Teluk Sulaiman, Maratua, Tanjung Batu, dan Derawan.(bnc)