Dana CSR Berau Coal di Kampung Maluang Berjalan dengan Baik

 

GUNUNG TABUR – Dana CSR yang dimiliki sebuah perusahaan, salah satu fungsinya, menyalurkan bantuan-bantuan yang diajukan untuk setiap daerah yang berada di sekitaran tempat mereka menjalankan kegiatan proyek, atau bisa dikatakan tempat dimana suatu perusahaan itu berdiri.

Dalam hal ini dapat digarisbawahi, merupakan sebuah tanggung jawab tersendiri oleh pihak perusahaan. Di Kabupaten Berau, interaksi antara sebuah perusahaan dengan suatu kampung atau desa, dapat dilihat dari contohnya yakni Kampung Maluang, dimana ikut berpartisipasi dalam menyalurkan sebuah wadah sosial dimana masyarakat-masyarakat dapat berperan serta dalam kegiatan.

Diungkapkan Kepala Kampung Maluang, Muchtar, partisipasi pihak perusahaan dengan kampung yang dipimpinnya yaitu dengan adanya sebuah gedung serba guna yang sudah terbangun di Kampung Maluang.

“Sebelum adanya bantuan ini, kami hanya mempunyai bangunan swadaya masyarakat yang berupa bangunan kayu,” terang Muchtar kepada beraunews.com, Rabu (17/05/2017).

Perbedaan fasilitas hingga pelayanan masyarakatnya pun dapat dirasakan oleh warga sekitar, dimana fasilitasnya terjamin dan lebih cepat.

“Mengurus sesuatu, contohnya surat rekomendasi untuk keperluan kerja sangat mudah dan efisien, perbedaan yang paling mencolok adalah sekarang proses pengerjaannya pun cepat,” ucap salah satu warga Kampung Maluang, Resky.

Bangunan serbaguna yang berada tepat di depan kantor Kepala Kampung tersebut telah terealisasi sekitar tahun 2010.

“Kami atas nama pemerhati Kampung Maluang bersama masyarakat, menyambut baik bantuan yang diberikan oleh pihak yang bersangkutan, yang pada awalnya tidak mencukupi, sehingga dengan adanya gedung ini, kegiatan-kegiatan untuk penyaluran apresiasi masyarakat dapat tercukupi,” ucap Muchtar.

Beribu terima kasih pun diungkapkan oleh Kepala Kampung Maluang, dimana dana CSR PT Berau Coal dapat disalurkan untuk daerah yang berada di sekitaran lingkar tambang, khususnya juga untuk kampung-kampung yang lain.

 

Gedung serbaguna tersebut dapat menampung kurang lebih sekitar 500 orang, yang tentunya sangat bermanfaat untuk semua kegiatan masyarakat kampung tersebut, yang memang aktif di segala kegiatan, misalnya kegiatan yang berfokus terhadap program pemerintah yaitu Keluarga Berencana (KB).

Muchtar juga mengatakan, dengan adanya perhatian perusahaan yang telah membangunkan gedung untuk memperdayaaan masyarakat, sangat membantu terutama dalam mengapresiasikan program pemerintah, bahkan hingga binaan terhadap pergaulan remaja.

“Saya berharap semoga pihak perusahaan yang telah membantu pembangunan, ke depannya semakin jaya dan sukses, juga dana CSRnya dapat disalurkan ke daerah kampung yang berada di sekitar lingkar tambang lainnya,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia