CSR PT Berau Coal : Jalan Usaha Tani, Mudahkan Akses Petani

 

TANJUNG REDEB – Dibangunnya jalan usaha tani Kampung Rantau Panjang Kecamatan Sambaliung sudah dirasakan manfaatnya oleh kelompok usaha tani. Hal itu dikarenakan, sebelum jalan dibangun, jika hendak menuju kebun, para petani harus berjalan kaki cukup jauh.

Ketua Kelompok Tani Sehati Tunas Mekar, Rohdi menyatakan, sebelum ada akses jalan seperti sekarang, anggota kelompok tani terpaksa berjalan kaki untuk bisa sampai ke kebun masin-masing.

 

“Bukan karena tidak ada kendaraan, melainkan akses jalan menuju ke kebun memang belum ada. Jadi terkadang kami sama sekali tidak ke ladang, ya sudah pasti tanaman jarang dirawat, sehingga untuk mencukupi kebutuhan ada kalanya juga lebih memilih merawat kebun yang gampang diakses,” ucapnya di sela-sela membersihkan kebun.

Bukan hanya itu, Rohdi juga menambahkan telah mendapatkan bantuan bibit jeruk sekitar 20 ribu pokok bibit, yang mana dibagikan kepada kelompok-kelompok tani, yang berada di Kampung Rantau Panjang, dengan harapan masyarakat yang tergabung dengan kelompok tani bisa memanfaatkan lahannya.

 

Rohdi juga mengucapkan terimakasih atas bantuan pembangunan jalan usaha tani, sehingga memudahkan petani menuju kebunnya masing-masing.

Perlu diketahui, jalan usaha tani yang dibangun sekitar bulan Mei tahun 2016, merupakan wujud dari program CSR  PT Berau Coal (PT BC). Jalan usaha tani memiliki panjang  600 meter dan lebar 4 meter, yang berada di RT 2 Kampung Rantau Panjang, memberikan manfaat ke para petani yang memang lahan pertaniannya dilewati jalan tersebut.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia