Tingkatkan Kepesertaan, BPJS Sosialisasikan Program kepada Kadin

 

TANJUNG REDEB – Sebagai bentuk kesadaran, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) terhadap kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Selasa (16/05/2017), digelar sosialisasi di Hotel Grand Parama, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan termasuk dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Munawar Halil, yang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam kegiatan sosialisasi yang diisi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan tersebut, disampaikan sejumlah materi terkait pentingnya sebuah perusahaan mendaftarkan karyawan-kaaryawannya ke BPJS. Hal tersebut menjadi penting sebab telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24/2011 tentang BPJS.

Disampaikan Ketua Kadin, Fitrial Noor, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan hasil diskusi yang dilakukan pihaknya bersama BPJS, mengingat hingga saat ini masih ada beberapa anggota Kadin yang belum ikut serta menjadi peserta BPJS.

 

“Kalau di Kadin sendiri saat ini memang masih belum semua yang ikut serta di BPJS Ketenagakerjaan, presentasenya baru sekitar 70 persen,” ucapnya kepada beraunews.com.

Dengan sosialisasi yang dilakukan pihak BPJS Ketenagakerjaan, ia mengharapkan seluruh anggota Kadin dapat menjadi peserta BPJS tersebut dengan kesadaran diri atas pentingnya hal tersebut dilakukan.

“Bukan sekadar itu, banyak juga anggota Kadin yang sudah ikut serta di BPJS ini namun belum mengerti sepenuhnya mekanisme pembayaran dan lain-lain. Jadi melalui sosialisasi hari ini, saya harapkan yang menjadi pertanyaan dibenak teman-teman semua bisa terjawab dengan baik,” jelasnya.

 

Disebutkan Anang, selaku Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Berau, dengan keikutsertaan perusahaan akan membantu meringankan tanggung jawab perusahaan kepada pekerjanya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat bekerja. Selain itu, ada juga banyak manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang bisa didapatkan peserta, termasuk kemudahan untuk memiliki rumah bagi para peserta.

“Tugas kami adalah mengedukasi kepada seluruh pelaku usaha bahwa BPJS ini adalah hal yang sangat penting dan menguntungkan dikemudian hari. Kami juga sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta Puskesmas-Puskesmas di Berau terkait penanganan untuk kasus kecelakaan kerja. Banyak yang bisa diterima peserta jika menjadi bagian dari BPJS, seperti mendapatkan rumah hingga total Rp500 juta,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia