Peringati Harlah, Muslimat dan Fatayat NU Berau Gelar Berbagai Lomba

 

TANJUNG REDEB – Memperingati hari lahir (Harlah) ke-71 Muslimat dan ke-67 Fatayat NU, panitia pelaksanaan menggelar berbagai acara lomba pada Selasa (09/05/2017). Acara gelaran 5 tahun sekali ini memang selalu ditunggu oleh masyarakat Berau khususnya ibu-ibu salawatan.

Acara yang dilangsungkan di gedung gelanggang olah raga (GOR) Kabupaten Berau, dengan mengusung tema gerakan perempuan sebagai penguat budaya dan karakter bangsa dalam menegakkan NKRI. Harlah ini dibuka langsung oleh wakil ketua Gerakan Organinasi Wanita (GOW) Berau, Wiyati, dan dihadiri para peserta lomba.

Ketua panitia Harlah, Siti Mardiyatul Khoiriyah menjelaskan, Harlah juga dimeriahkan oleh lomba-lomba, yang mana pelaksanaannya dari tanggal 09 Mei – 11 Mei 2017. Perlombaan itu terdiri dari lomba mewarnai kaligrafi untuk tingkat Raudatul Athfal (RA) atau setingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), fashion show muslimah untuk tingkat SD, lomba puisi untuk tingkat SMP dengan tema apa itu fatayat, dan lomba Asmaul Husnah untuk ibu-ibu majelis taklim yang ada di Berau. Peserta yang mengikuti berbagai perlombaan jumlahnya puluhan, mulai dari SD, SMP dan anggota majelis taklim.

 

“Kenapa kami adakan perlombaan? Itu tak lepas dari cara kami untuk memperkenalkan NU ini kepada kaum muda dan masyarakat pada umumnya. Tak lepas juga, acara lomba ini memang ditunggu-tunggu oleh ibu-ibu majelis taklim,” tuturnya.

Sedangkan untuk lomba mewarnai kaligrafi, dilaksanakannya dengan tujuan memperkenalkan asmaul husna meskipun hanya dengan lomba mewarnai. Dan lomba fashion show muslimah digelar dengan tujuan muslimah ini digaungkan sejak masih kecil.

Sesuai dengan tema, organisasi Muslimat dan Fatayat NU ini merupakan contoh dimana kaum perempuan juga bisa menjadi penguat budaya dan karakter dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Kami juga berharap Harlah ini sesuai dengan tema, bahwasannya kaum wanita juga bisa berperan dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua Muslimat NU, Heriyati menyampaikan, dengan Harlah ini diharapkan bisa mengingat lagi tentang apa itu ahli sunnah wal jamaah, dan juga sebagai organisasi wanita, fatayat dan muslimat mendorong untuk peran serta perempuan dalam keberlangsungan NU khususnya.

“Kami juga mencoba memperkenalkan ke masyarakat, apa itu muslimat dan fatayat, dan di setiap Harlahnya fatayat dan muslimat, tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan untuk menjaga keutuhan NKRI, dengan menumbuhkan rasa cinta dan patriotisme kepada negaranya,” ucapnya.

Agenda peringatan acara Harlah Muslimat dan Fatayat NU dibuka hari ini, kemudian dilanjutkan dengan lomba fashion show keesokan harinya, Rabu (10/05/2017).(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia