Seminar Kesehatan Bagi Karyawan dan Periska

 

TANJUNG REDEB – Seminar kesehatan bertema ‘Penyakit Jantung dan Gizi Sehat’ digelar Sabtu (18/02/2017) pagi. Tak hanya karyawan, Persatuan Istri Karyawan (Periska), juga ikut serta dalam seminar ini. Sekitar puluhan karyawan, antusias mengikuti kegiatan ini.

Human Resource Operation, Lucky Sutrisno mengatakan, selain mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini, ia juga menyempatkan diri berbagi pengalaman mengenai kesehatan dan dampak ke depannya bagi keluarga. Menurutnya, kesehatan sangat penting apalagi bagi kepala rumah tangga yang juga sebagai tulang punggung keluarga.

“Suatu hari anak saya pernah bertanya, papa masih mau lihat aku besar dan punya anak tidak? Saya diam karena saya tidak tahu bagaimana nanti ke depannya. Oleh karena itu sejak sedini mungkin kita harus bisa lebih menjaga kesehatan,” ungkapnya.

Dalam seminar ini, pihak penyelenggara juga mendatangkan dua pemateri yakni Sri Adiningsih MCN dan Muhammad Iqbal SpJP FIHA. Dengan hadirnya dua narasumber ini, diharapkan karyawan semakin menyadari bahwa kesehatan itu sangat penting, dan apa saja yang baik untuk tubuh dan tidak baik untuk tubuh. Apalagi peran gizi bagi tubuh manusia sangatlah penting, selain sebagai vitamin juga sebagai sumber tenaga dan pertumbuhan.

“Gizi ini sendiri adalah zat kimia yang ada dalam makanan dan mempunyai peran dalam tubuh sehingga bila dikonsumsi dengan porsi kurang atau kelebihan, dapat mengganggu fungsi tubuh atau bahkan muncul dampak kesehatan,” ujarnya.

Saat ini kesadaran terhadap kesehatan masih sangat minim, sehingga melalui seminar ini diharapkan juga akan lebih mengetahui pola hidup sehat, sehingga dapat diterapkan. Misalnya saja melalui kegiatan rutin berolahraga, mengurangi makan makanan berlemak, dan rajin mengkonsumsi air putih, buah dan sayur.

Salah satu peserta seminar, Andi, mengaku menyambut baik adanya seminar kesehatan seperti ini. Karena selain banyak mengetahui tentang kesehatan, ia juga memanfaatkan kesempatan itu untuk menggali lebih dalam mengenai kesehatan.

“Saya adalah tipe orang yang tidak percaya dengan diet, tapi setelah saya diajak teman-teman untuk diet dan merasakan dampaknya, ternyata pola hidup sehat itu sangat bagus untuk tubuh. Selain mengurangi lemak, tubuh juga menjadi sehat. Saya juga senang karena bisa langsung konsultasi dengan dokternya,’' tandasnya.

Meski ini tampak biasa, namun sejatinya dengan seminar kesehatan gelaran PT Berau Coal ini, seluruh karyawan dapat mengetahui penyebab-penyebab penyakit, terutamanya penyakit jantung yang bisa datang kapan saja, dan penyakit lainnya agar bisa melakukan upaya pencegahan sejak dini.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia