Rapat Pleno I Kadin Fokus Peningkatan Sektor Ekonomi dan Usaha Berau

 

TANJUNG REDEB – Rapat Pleno I Kamar Dagang dan Industri (Kadin), digelar Rabu (25/01/2017) sore, di Hotel Grand Parama. Rapat pleno ini merupakan kelanjutan dari Musyawarah Kabupaten (Mukab) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Rapat pleno perdana Kadin beragendakan mendengar pemaparan dari wakil ketua dari masing-masing bidang. Yang dipaparkan adalah program kerja untuk setahun ke depan, maupun 5 tahun jangka waktu masa kerja Kadin.

“Ada skala prioritas yang diajukan setiap bidang, dan ini memang disinergikan dengan hasil Mukab Kadin, dimana dalam Mukab menghasilkan rumusan yang mengeluarkan komisi A (bidang organisasi), komisi B (merumuskan program), dan komisi C (rekomendasi),” tutur Rayendra Hermawan, Ketua Panitia Rapat Pleno I Kadin Berau, yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi Kadin Berau, ditemui beraunews.com, Jumat (27/01/2017).

BACA JUGA : Kadin Sampaikan Program Kerja ke Bupati

Dijelaskan, hasil Mukab yang dipadukan dengan hasil rapat pleno perdana ini, dicoba membangun dan mengembangkan usaha di Kabupaten Berau. Bahkan, tiap bidang yang menyampaikan programnya cukup bagus, dan mendapatkan apresiasi dari pengurus Kadin.

“Contoh yang diungkapkan salah satunya adalah dari bidang maritim, dimana mereka mengusahakan bagaimana roda ekonomi Berau bergerak cepat dengan modal Pelni bisa masuk Berau, dan ini juga menjadi program utama kami selaku Kadin,” ungkapnya.

 

Program lainnya sebagai contoh adalah kemasan produk. Bagaimana caranya supaya produk lokal kita memiliki value (nilai jual-red), sekaligus nilai tambah dengan adanya kemasan yang menarik. Kenyataannya, produk buatan masyarakat Berau saat ini masih lemah dalam kemasan dan pemasaran.

Dari sekian program yang dipaparkan, akan dibuat rekomendasi dari hasil rapat pleno, yang kemudian rekomendasi ini akan menjadi acuan maupun standar dalam melaksanakan roda organisasi Kadin ke depannya.

BACA JUGA : Di Forum Bisnis, Kadin Teken MoU dengan Disperindagkop dan Bankaltim

“Program yang disampaikan akan dipilah, diseleksi dulu, yang mana bisa bersinergi dengan pemerintah maupun hal-hal yang menjadi prioritas atau kendala yang dihadapi di bidang ekonomi di Berau selama ini. Misalnya, yang lagi trending topic (banyak dibicarakan-red) saat ini adalah masalah kelistrikan. Ketika bidang yang membawahi Sumber Daya Alam (SDA), berkeinginan membawa investor dan menggandeng investor itu untuk menangani bagaimana krisis listrik di Berau ini bisa tertanggulangi, maka akan kita support,” tambah Ketua Kadin, Fitrial Noor.

 

Sedangkan untuk program utama akan secepatnya dijalankan, mungkin minggu depan. Hasil rekomendasi akan diberikan ke Pemkab dan dewan, yang menunjukkan bahwa Kadin mempunyai rekomendasi untuk menumbuhkan industri di Berau.

“Targetnya, meningkatkan segala sektor dunia ekonomi dan usaha di Kabupaten Berau, dan itulah yang menjadi keterpanggilan Kadin untuk membangun Berau ke depannya,” pungkasnya.(bnc)