30 Pelajar SMK Ikuti Bootcamp di Kampus Samburakat

 

GUNUNG TABUR - 30 pelajar SMK dari beberapa sekolah di Kabupaten Berau, mengikuti bootcamp yang dilaksanakan di Kampus Samburakat. Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan dan nantinya masuk dalam agenda tahunan ini, ternyata cukup menarik. Pasalnya, tak hanya sekadar teori, seperti yang didapati di tempat praktik kerja industri (prakerin) lainnya. Di bootcamp ini, peserta juga mendapatkan gemblengan mental.

"Tujuannya memang lebih ke pembinaan mental agar mereka nantinya lebih kuat, mandiri dan lebih survive dengan kondisi yang ada. Sedangkan dari sisi soft skills, kerjasama tim, komunikasi, pengambilan keputusan, dan keberanian, bisa lebih ditunjukkan lagi," ungkap Merita Setiowati, Recruitment Specialist, HR Operation Department pelaksana Bootcamp.

Lebih lanjut dikatakannya, target khusus kegiatan ini lebih ke persiapan peserta nantinya saat memasuki dunia kerja.

"Agar mereka tahu kalau dunia kerja itu sangat berbeda dengan dunia sekolah. Mereka dituntut untuk lebih aktif,” lanjutnya.

 

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wita, Rabu (11/01/2017) ini, dimulai dengan penggemblengan fisik peserta berupa jalan jongkok dari pintu masuk Kampus Samburakat hingga ke depan training room, tempat pembekalan materi. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan pemberi materi sekaligus perkenalan sesama peserta.

"Tujuan perkenalan sesama peserta ini supaya mereka tidak lagi mengkotak-kotakkan diri dengan membawa latar belakang sekolah masing-masing, jadi bisa berbaur," tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari ini, 11-13 Januari 2017, diikuti oleh 10 pelajar SMK N 1 Berau, 10 pelajar SMK Ma'arif Berau, 5 pelajar SMK N 6 Berau, dan 5 pelajar SMK TI Hidayatullah

Dengan jadwal kegiatan yang padat, mereka dibagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan pengawasan. Bermacam jenis games disiapkan dan sengaja diperlombakan per tim agar memupuk kerjasama antar kelompok.

"Supaya mendapatkan pengalaman baru, dan pastinya peserta tidak berpikir jika kegiatannya hanya seputar fisik belaka," ungkap Sapta Rahmat Riyadi, Incident Commander, yang juga salah satu pemateri.

 

Kegiatan yang disupport PT Berau Coal ini, diharapkan dapat memberikan hal baru untuk para peserta. Selain itu juga menanamkan disiplin dan jiwa kepemimpinan.

"Selain dapat teman dan pengalaman baru, saya juga bisa belajar lebih kuat mental, karena sebelumnya saya orangnya rentan," kata Rahmanabila Apriliani Istiqomah, siswi XI Multimedia SMK N 1 Berau.

Izai Pole Taruk Mata Allo, siswa XI ATPH SMK N 6 Berau, juga mengungkapkan hal senada. Ia juga berharap setelah mengikuti bootcamp ini, jiwa kepemimpinannya dan kedisiplinannya bisa lebih terlihat.(bnc)