Dari Peresmian Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Bupati : Seluruh Perusahaan Harus Daftarkan Tenaga Kerjanya

 

TANJUNG REDEB – Kantor baru Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Berau, yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro I, Tanjung Redeb, akhirnya resmi dibuka, Kamis (22/12/2016). Peresmian kantor tersebut dilakukan oleh Bupati Berau, Muharram, didampingi Wakil Bupati, Agus Tantomo, yang sekaligus memotong pita pertanda kantor tersebut resmi dibuka.

Dengan dihadiri sejumlah tamu undangan dari berbagai perusahaan, acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz, Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Enda Ilyas Lubis, yang didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan I Nyoman Mastera.

Membuka sambutannya, I Nyoman Mastera mengungkapkan, pembangunan kantor BPJS ketenagakerjaan tersebut merupakan langkah untuk mendekatkan diri kepada stakeholder dan memberikan kenyamanan pada peserta.

Saat ini, ada 37.546 orang peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar di Kantor Cabang Berau dari 724 perusahaan, dengan rincian 35.962 orang katagori pekerja Penerima Upah (PU) dan 1.584 pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Jumlah tersebut, dikatakannya masih sangat membuka peluang bagi ribuan pekerja lainnya yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

“Dari sekitar 218 ribu penduduk Berau, dengan usia produktif yang 50 persennya masih bekerja, masih sangat besar potensi yang belum ikut serta dalam program kita. Meskipun surat edaran terkait kepesertaaan tersebut baik untuk tenaga kerja formal, non formal sampai kontrak, harus memiliki BPJS. Semoga di 2017 sudah bisa ikut BPJS semua,” ucapnya.

 

Dalam kesempatannya, Naufal Mahfudz menyampaikan, betapa dukungan Pemkab juga memiliki peranan yang penting dalam implementasi pelaksanaan jaminan sosial, khususnya bidang ketenagakerjaan.

“Semua pihak memiliki perannya masing-masing yang tentunya vital bagi pelaksanaan perlindungan dan pelayanan kepada peserta, oleh karenanya kerjasama harus terus dijalin dengan sangat baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan program nasional yang tidak boleh dipandang sebelah mata, karena program tersebut dapat memberikan perlindungan dan jaminan kepada para tenaga kerja.

“Di Negara maju, hal seperti ini sudah tidak lagi jadi perdebatan, karena mereka memiliki pemahaman yang sama bahwa kalau tidak ikut maka akan rugi. Lebih baik menyiapkan perlindungan diri sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” katanya.

 

Ia juga mengingatkan kepada seluruh perusahaan untuk mengikutsertakan seluruh tenaga kerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami berharap seluruh perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerajaan untuk mendaftarkan semuanya tanpa pilah-pilih. Jangan nanti kalau sudah terjadi sesuatu yang merugikan pekerja baru mau diurus,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada pihak BPJS untuk tidak mempersulit proses klaim kepada peserta BPJS.

“Kalau memang nantinya ada peserta yang secara administrasi masih kurang, namun membutuhkan klaim secepatnya, maka jangan sampai dipersulit. Harus ada kebijakan yang diterapkan agar semua bisa diselamatkan, urusan administrasi bisa belakangan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Berau berlokasi di Jalan H Isa III, sedangkan saat ini di Jalan Pangeran Dipenogoro I.(Marta)