Pemkab Berau Minta Kadin Ciptakan Peluang Usaha Baru

 

TANJUNG REDEB – Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke-VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Berau, resmi dibuka oleh Bupati Berau, Muharram melalui Asisten II Setkab Berau, Samsul Abidin, Sabtu (17/12/2016) pagi di Hotel Bumi Segah.

Selain dihadiri sejumlah unsur pimpinan daerah seperti Dandim, Kapolres, sejumlah SKPD, para pengusaha, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, acara mukab tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum Kadin Provinsi Kaltim, Fauzi A Bahtar beserta rombongannya.

Dalam sambutan Bupati Berau yang dibacakan Asisten II, Samsul Abidin, menyatakan dukungan penuh Pemkab terhadap Kadin dalam memajukan dunia usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Tak hanya sekadar melaksanakan mukab dengan memilih Ketua dan pengurus baru, Kadin juga diharapkan dapat menghasilkan program kerja, rumusan dan rekomendasi pemikiran dan ide-ide, khususnya dalam bidang ekonomi untuk kemajuan Berau.

"Kami percaya mukab ini bukan sekadar memilih Ketua Kadin yang baru, tetapi juga telah memikirkan bagaimana memajukan ekonomi dengan program-programnya yang baik," ujarnya dihadapan ratusan tamu undangan yang hadir.

Sebagai wadah berhimpunnya perusahaan dan para pengusaha, Kadin merupakan lembaga yang memiliki peran strategis dalam pembinaan usaha. Melalui mukab kali ini, Kadin diharapkan dapat bahu membahu bersama para usahawan untuk mempercepat penghasilan serta pembangunan ekonomi Berau bersama dengan Pemkab.

"Lima tahun ke depan masyarakat Berau dapat mengelola ekonomi mandiri, dan Kadin diharapkan dapat mendampingi hal tersebut. Kami minta ke depan Kadin juga dapat menciptakan peluang usaha baru untuk mendongkrak ekonomi, tidak hanya mengharapkan kepada Pemkab saja, tetapi jalan bersama-sama," ungkapnya.

Saat ini, hampir seluruh usahawan, dikatakannya, hanya terfokus pada proyek yang diadakaan oleh Pemkab. Hal itu kemudian tidak jarang menimbulkan gesekan antar pengusaha dan menjadikan suasana tidak kondusif dalam dunia usaha dan pembangunan ekonomi.

"Apalagi di tahun 2017 anggaran APBD kita terus menurun, Pemkab tentu tidak bisa mengakomodir seluruh pihak. Maka, Pemkab melalui SKPD terkait akan mendukung sepenuhnya siapapun yang memiliki ide cemerlang, kreatif, mandiri dan dapat profesional, termasuk Kadin dalam merangkul seluruh pengusaha dan perusahaan," katanya.

 

Syahrial Noor, Ketua Kadin periode 2011-2016, yang juga sempat memberikan sambutan mengatakan, pelaksanaan mukab tersebut merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 1/1987 tentang Kadin, dimana para pengusaha dan semua perusahaan merupakan anggota dari Kadin.

Ia juga berharap, ke depan Kadin dapat lebih efektif dalam bersinerg dengan Pemkab. Meski saat ini kekurangan Kadin, yakni masih banyak awam terhadap Undang-Undang Kadin, namun di kepengurusan yang baru diharapkan segala kekurangan tersebut dapat dibenahi.

"Masih banyak kekurangan yang ada pada Kadin. Maka dengan pergantian pengurus ini, saya harap segala kekurangan itu dapat dibenahi satu per satu. Juga sinergitas kepada Pemkab dapat dibangun semaksimal mungkin, demi kepentingan Kadin agar menjadi lembaga yang benar-benar mampu mengayomi seluruh pengusaha," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Mukab, Imam Sururi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya mukab, baik dukungan materil maupun moril.

"Semoga mukab ini dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan hingga terpilihnya Ketua Kadin periode 2016-2019 mendatang. Sejak diturunkan SK sekitar sebulan lalu, banyak pihak yang berjasa dalam mendukung dan membantu terlaksananya acara hari ini. Tanpa pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu acara ini tidak mungkin dapat berjalan," ucapnya.

Ketua Umum Kadin Provinsi Kaltim, Fauzi A Bahtar, juga sempat menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya mukab Kadin. Apapun hasil yang didapatkan pada akhir mukab, diharapkan menjadi hasil terbaik dan mampu memberikan warna baru dalam dunia Kadin.

"Siapapun nanti yang akan terpilih, semua harus bergandeng tangan, bersatu, bersanding dan saling mendukung untuk menciptakan program Kadin yang dapat sejalan serta sevisi dan semisi dengan Pemkab. Kepada Pemkab Berau, kami titip Kadin," tandasnya.(Marta)