Profil Calon Ketua KAHMI Berau (1) : La Ode Ilyas

TANJUNG REDEB – Bakal digelarnya Musyawarah Daerah ke-2 pemilihan Ketua Pimpinan Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (PMD KAHMI) Kabupaten Berau, sejumlah nama calon mulai beredar untuk berebut tampuk kepemimpinan. Setidaknya sudah ada lima calon yang digadang-gadang bakal menjadi calon Ketua KAHMI periode 2016-2019. Salah satunya adalah incumbent, La Ode Ilyas.

Pria yang merupakan karyawan senior di PT Berau Coal ini sepertinya masih berpeluang besar menduduki kursi Ketua KAHMI Berau untuk kali kedua. La Ode Ilyas sendiri lahir di Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, tanggal 21 Mei 1969. Ia merupakan anak dari pasangan Bapak H. La Ode Zaari (alm), dan Ibu Hj. Wa Ode Zahariyah (alm).

La Ode lulus Sekolah Dasar Negeri 001 Wameo tahun 1981, Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bau-Bau tahun 1984, dan menjadi alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bau-Bau Jurusan A2 (Ilmu Biologi) tahun 1987. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Haluoleo Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Tanaman, Program Studi Agronomi (S1) dan lulus tahun 1993. Tahun 2011-2013, ia melanjutkan pendidikan di Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda, konsentrasi studi Ekonomika Pembangunan dan Perencanaan.

Untuk riwayat pekerjaan, dirinya juga pernah bekerja di perusahaan Hutan Tanaman Industri PT Tanjung Redeb Hutani pada tahun 1993 sampai tahun 2006. Kemudian, pada tahun 2006 sampai sekarang, ia bekerja di perusahaan pertambangan PT Berau Coal. Sebenarnya, saat kuliah ia sudah kerja part time (paruh waktu-red) sebagai penyuluh lapangan di PT Perkebunan HASFARM di Kabupaten Kolaka.

BACA JUGA : Mahfud MD dan Irianto Lambrie Bakal Orasi Ilmiah di Musda KAHMI Berau

Pada tahun 1999, ia menikah dengan Del Herlina, dan dikarunia 3 orang anak, 2 putri dan seorang putra, yakni Nadia Rofifah Adellia (16 tahun) sekolah di SMA 1 Berau, Naufal Fakhri Ilyas (11 tahun) sekolah di SMP 9 Berau dan Nailah Mufidah Adellia (5 Tahun) sekolah di TKIT Ash Shohwa Tanjung Redeb. Saat ini, dirinya bersama keluarga bertempat tinggal di Jalan Silo RT 16 Nomor 58 Teluk Bayur Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk pengalaman organisasi, sejak SMP, La Ode sudah disibukkan bermacam kegiatan sejak duduk dibangku menengah pertama. Selama dibangku sekolah, ia adalah Ketua OSIS SMP Negeri 3 Bau-Bau, dan SMA Negeri 2 Bau-Bau. Ia juga merupakan pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian di Universitas Haluoleo Kendari, dan aktif di Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari.

Saat ini ia masih aktif sebagai Ketua PMD KAHMI Berau, Majelis Pertimbangan Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia DPD Berau, Bendahara I Majelis Ulama Indonesia Berau, Ketua Paguyuban Buton Kabupaten Berau, Eks Ketua Umum LSM Forum Teluk Bayur Bersatu.

 

Untuk di Olahraga, ia juga sebagai Eks Ketua Pengcab Persatuan Tinju Amatir Nasional Indonesia (PERTINA) Berau, Ketua Dewan Pembina Indonesia Karatedo (INKADO) Berau, dan Wakil Ketua I KONI Berau (sampai sekarang).

Tidak hanya diorganisasi, La Ode juga memiliki Pengalaman Politik. Saat kuliah (zaman orde baru) ia sudah aktif sebagai Pengurus Cabang Partai Persatuan Pembangunan, pada tahun 2004 sebagai Ketua PAC Partai Keadilan Sejahtera Kecamatan Tabalar, dan tahun 2005 sebagai Ketua Tim Sukses Pilkada Berau dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Letkol (CKU) Saukani dan Abdul Kadir.
 
Khusus riwayat pendidikan kepemimpinan di HMI, pada tahun 1988, La Ode mengikuti Basic Training HMI (LK I), tahun 1990 Mengikuti Intermediate Training (LK II) dan tahun 1993 mengikuti Advanced Training (LK III).

Visinya mencalonkan kembali sebagai Ketua KAHMI, La Ode mengatakan, bahwa KAHMI sebagai wadah silaturrahmi bagi alumni HMI pemikir, pejuang, dan pemberi solusi atas persoalan daerah Berau. Sesuai tujuan HMI sebagai insan akademis pencipta, dan pengabdi yg bernapaskan Islam dan bertangggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

“Sementara misi saya adalah, 1) Melakukan inventarisasi dan konsolidasi kader alumni HMI sebagai kekuatan organisasi, 2) Menempatkan posisi strategis kader di setiap lini daerah Berau, 3) Mendukung langkah-langkah cemerlang pemerintah daerah yang sejalan dengan visi misi organisasi, 4) Kekeluargaan alumni HMI dalam satu ikatan kuat, guna memelihara aspirasi cita-cita dan kepribadian HMI, serta 5) Mewujudkan berdirinya cabang, dan berdirinya sekretariat sebagai pusat kegiatan bersama HMI, dan KAHMI,” tuturnya.(Hendra Irawan)