PKS Berau Gelar Aksi Peduli Rohingya

 

TANJUNG REDEB – Konflik berkepanjangan yang terjadi di Rohingya, Myanmar, mengetuk hati nurani kader Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Berau.

Konflik yang lebih tepatnya disebut sebagai genosida atau pembantaian umat islam tersebut setidaknya telah merenggut ribuan nyawa tak berdosa, dari usia anak-anak hingga orang tua.

Dalam rentang waktu antara tahun 2012 dan puncaknya pada tahun 2016, keganasan junta militer Myanmar yang berkuasa telah melahirkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang tak terhitung jumlahnya.

Oleh karenanya segenap masyarakat Berau yang dikoordinir oleh PKS, serempak turun ke jalan-jalan utama disekitaran Tanjung Redeb dalam rangka melaksanakan penggalangan dana bertajuk Aksi Solidaritas Peduli Rohingya, Sabtu (26/11/2016) kemarin.

 

Dalam Aksi tersebut telah terkumpul dana dari kader PKS Berau dan masyarakat sebesar Rp41,1 juta. Dana tersebut rencananya akan diserahkan ke DPP PKS untuk kemudian disalurkan ke Rohingya bersama dana-dana dari daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Ketua DPD PKS Berau, Munadi dalam kesempatan aksi tersebut mengingatkan agar sensitivitas kemanusian, khususnya masyarakat Berau terketuk untuk peduli dengan mereka.

"Tak perlu kita harus menjadi Muslim Rohingya untuk merasakan kepedihan mereka, nyawa-nyawa tak berdosa keluarga kita dihilangkan secara paksa. Tak perlu kita harus jadi muslim Rohingya baru bisa merasakan kepedihan melihat keluarga kita diperkosa dan dirampas hak-haknya. Tapi cukuplah kita menjadi manusia yang punya nurani, maka Insya Allah kita bisa merasakan kepedihan yang mereka rasakan," ungkapnya disela-sela aksi galang dana tersebut.

 

Munadi berharap agar dalam diri setiap insan, terlebih sebagai muslim, tidak boleh menghilangkan rasa kemanusian.

"Bukankah sebagai muslim kita ibarat satu tubuh yang ketika salah satu anggotanya merasakan sakit, maka yang lainnya juga merasakan hal yang sama," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Berau yang telah ikhlas berpartisipasi bersama PKS Berau.

'Semoga ini menjadi amal jariyah kita semua dan semoga bisa meringankan beban saudara kita di Rohingya," tandasnya.(Marta)