AKN Wisuda 83 Mahasiswa Siap Terjun ke Dunia Kerja

 

TANJUNG REDEB – Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Berau, Rabu (23/11/2016) pagi, kembali melaksanakan rapat terbuka wisuda ke-2, di Gedung Olahraga dan Pemuda (GOR). Acara wisuda tersebut dihadiri oleh Bupati Berau, Muharram, dan sejumlah tamu undangan lain.

Kurang lebih 83 mahasiswa yang terdiri dari 49 mahasiswa jurusan Manajemen Informatika dan 34 mahasiswa jurusan Perkebunan Kelapa Sawit, di wisuda langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Jember, Juwanto, selaku pembina Akademi Komunitas Berau.

 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, saat ini Berau membutuhkan para pemuda lulusan bangku kuliah yang siap bekerja. Hal itu dikarenakan jumlah pencari kerja yang setiap tahunnya semakin bertambah tanpa diiringi lapangan pekerjaan yang memadai.

Melalui program studi yang dicanangkan oleh AKN Berau, ia yakin akan banyak lulusan muda yang siap bekerja bahkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan untuk orang lain.

“AKN ini adalah satu-satunya kampus yang akan dijadikan kampus berstatus negeri di Berau. Program yang dimiliki juga sangat relevan dengan kondisi saat ini. Bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan di tengah maraknya pencari kerja, tidak hanya berharap pada pemerintah dan perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan itu,” ujarnya.

 

Sementara itu, Penanggung Jawab Kampus AKN Berau, Eddy Darmawan, yang ditemui beraunews.com usai pelaksanaan wisuda mengatakan, saat ini memang pekerjaan mahasiswa mayoritas di sektor perkebunan sawit berdasarkan jurusan yang ditekuninya.

“Ke depan kerjasama dengan perusahaan sawit seperti di Long Ayap dan Talisayan akan kita tingkatkan, yang direkrut adalah mahasiswa maupun masyarakat sekitar lingkar perusahaan,” katanya.

 

Senada dengan yang disampaikan Bupati, ia juga mengatakan, dalam program pembelajarannya, setiap mahasiswa di kampus AKN akan diberikan pendidikan agar mereka siap memasuki dunia kerja tanpa meninggalkan pelajaran akademik.

“Selain mereka memiliki kemampuan terjun langsung di dunia kerja, mereka juga diberikan pengetahuan akademik seperti di kampus-kampus lainnya. Sehingga pada saat lulus dari AKN, keduanya telah mereka miliki sebagai bekal untuk menjadi mahasiswa unggul di dunia kerja,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, mahasiswa harus menjadi job creator (pencipta lapangan pekerjaan) agar tidak bergantung pada pemerintah dan perusahaan lainnya. Hal itu juga dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Berau.(Marta)